Jakarta, aktual.com – Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghadiri kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) Korwil DKI Jakarta di Kawasan Pemukiman Nelayan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, M. Zaini Hanafi didampingi Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI), Mochamad Idnillah dan Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan (PSDI), Ridwan Mulyana menyerahkan bantuan berupa Mesin Kapal Perikanan.

“Ini bukti nyata bahwa kita perhatikan rakyat kecil. Ini adalah nelayan kecil yang tidak tersentuh padahal ada di Ibu Kota Negara. Karena saya lihat itu nyata saya langsung instruksikan untuk memberikan bantuan apa yang dibutuhkan mereka. Paling tidak bisa meringankan beban mereka pada saat sulit seperti ini. Jadi kami berikan bantuan mesin,” jelas Dirjen Zaini usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Selasa (1/11) kemarin.

Zaini menambahkan memang tidak semua nelayan di Ibu Kota diberikan bantuan. Akan tetapi bantuan permesinan kapal perikanan nantinya akan didistribusikan secara merata secara bertahap.

“Kita akan lakukan juga tidak hanya di Cilincing, tapi juga Jakarta Barat (Kapuk) nanti kita lihat kondisinya seperti apa. Jangan sampai ada di mata kita wilayah-wilayah terbengkalai seperti ini. Sementara kita sudah di daerah lain, tapi di depan mata kita malah kita biarkan,” tegas Zaini.

Direktur KAPI, Mochamad Idnillah menambahkan bahwa bantuan yang akan diberikan kepada mereka sudah dialokasikan berupa 41 unit mesin ini yang semuanya disalurkan melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB).

“Pada saat itu mereka mengajukan bantuan, dan kami identifikasikan mesin mereka tidak layak pakai. Tapi yang masih bagus, kita sampaikan belum layak diganti. Kemudian memang di Cilincing ini yang mereka butuhkan adalah mesin, sementara alat penangkapan tidak perlu. Semua disalurkan lewat kelompok nelayan untuk kapal perikanan di bawah 5 GT,” jelas Cak Moch sapaan akrabnya.

(Rizky Zulkarnain)