Solo, Aktual.com – TNI Angkatan Udara Lanud Adi Soemarmo Surakarta akan memperketat pengamanan di kawasan bandara Kabupaten Boyolali selama resepsi penikahan putri Presiden, Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhamnad Bobby Afif Nasution pada 8 November 2017.

“Lanud Adi Soemarmo sebenarnya tidak ada yang istimewa, karena penjagaan pengamanan di kawasan bandara di Boyolali sudah menjadi tanggung jawabnya secara rutin,” kata Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M Tonny Harjono di Solo, Sabtu (21/10).

Menurut Danlanud pada acara resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby, tentu dampaknya jalur penerbangan akan lebih padat baik pesawat terbang reguler, cateran maupun pribadi.

Bahkan, para tamu undangan yang hadir baik masyarakat umum, tamu VIP maupun VVIP perlu pengamanan dan pengawalan diperketat, tetapi semua itu, sudah dipersiapkan.

“Tamu VVIP baik RI 1 maupun 2 pengamanan sudah ada protapnya sendiri dan bukan hal yang luar biasa. Semua personil untuk pengamanan kawasan bandara juga sudah disiapkan,” kata Danlanud.

Namun, Danlanud tidak mengatakan secara rinci berapa jumlah personel yang diturunkan dalam pengamanan di kawasan bandara pada resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby.

“Jumlah personel sudah sesuai protopnya dapat disesuaikan kebutuhan. Kami juga melakukan koordinasi dengan instansi lain seperti Polri dalam pengawalan di kawasan bandara hingga lokasi gedung tempat resepsi,” katanya.

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Adi Soemarmo, Letkol Pnb Yulmaizir Chaniago mengatakan pasukan TNI AU diturunkan untuk memperketat penjagaan di kawasan bandara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami tidak mau mengambil risiko sekecil apapun,” kata Kadisops.

Menurut dia, pihaknya bersama instansi lainnya seperti Polri dan Pemerintah Kota Surakarta sebelumnya juga melakukan apel persiapan menjaga kamtibmas di wilayah Solo.

 

Ant.

()