Jakarta, Aktual.co — Berawal dari sebuah serie anime di Jepang yang bernama Mobile Suit Gundam, merakit Gundam dapat melatih sensor motorik dan sensorik. Pernyataan tersebut  dilontarkan oleh Head of Marketing MAP Active, Ade Sarah di ‘Indonesia Gunpla Builders World Cup Competition 2014’ (GBWC 2014) di Jakarta.

“Di Indonesia penggemar Gundam cukup banyak. Dan, beberapa manfaat ketika bermain Gundam, yakni dapat melatih motorik dan sensorik,” kata Ade Sarah, demikian seperti dikutip dari ANTARA.

 Pemilik salah satu komunitas Gundam Indonesia, Blublek Studio, Ifan Cusianto mengatakan merakit Gundam bisa menghilangkan stres. “Salah satu penelitian di Jepang menemukan bahwa bermain Gundam bisa menambah IQ seseorang. Karena perakit Gundam dituntut untuk berimajinasi,” beber  Ifan. “Selain itu, bisa melepaskan stress,” tambahnya.

Ifan kembali mengatakan Gundam merupakan tradisi di Jepang untuk mendidik anak-anak, tetapi dengan media berbeda. “Jepang berhasil dengan menggunakan metode belajar menyenangkan seperti ini, kenapa kita tidak mengikuti?,” katanya lagi.

Ifan mengaku tertarik dengan Gundam sejak 2011 lalu, ketika kecelakaan yang membuatnya harus istirahat selama tujuh bulan. Selagi mengisi waktu luang itu dia mencoba merakit Gundam. Kini anggota komunitasnya sudah mencapai 50 orang. “Belajar secara otodidak. Sementara untuk alat-alat bisa dicari lewat online, untuk pertanyaan bisa dilontarkan ke grup Gundam pasti akan di balas,” kata Ifan.

“Yang pasti jangan cepat puas, jangan berhenti belajar karena acuan kita adalah standar internasional, standar orang-orang Jepang,” tandasnya.

()