Beranda Nasional Laznas Yakesma: Alhamdulillah, Kami Berhasil Meraih Predikat WTP

Laznas Yakesma: Alhamdulillah, Kami Berhasil Meraih Predikat WTP

Peringatan 5 Tahun Kehadiran Laznas Yakesma, di Hotel Sahati Jakarta, Rabu (30/3) siang.

Jakarta, aktual.com – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Yakesma terus berupaya meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas organisasi pengelola zakat dengan menjalani audit yang menjadi standar bagi semua lembaga zakat, baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional. Direktur Utama Laznas Yakesma, Sahabudin mengatakan hasil audit ini menjadi penting karena dalam praktek pengumpulan dan pendistribusian zakat, serta pelaporan keuangan, semuanya harus dilakukan dengan baik dan benar.

Proses audit tersebut juga dilengkapi dengan audit syariah yang nantinya akan memastikan apakah zakat yang telah ditunaikan oleh muzakki, dikelola dengan baik dan sesuai syariah. Dalam rangka melakukan proses penataan yang lebih profesional kepada lembaga-lembaga pengelola zakat, audit keuangan dan audit syariah ini sangat positif-konstruktif untuk memajukan dunia zakat.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) yang taat kepada peraturan-peraturan negara dan syari’at, Laznas Yakesma ikut serta dalam melakukan audit keuangan dan audit syariah tersebut. Sesuai undang-undang No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, lembaga amil zakat harus bersedia diaudit syariat dan keuangan secara berkala. Lembaga Zakat Nasional Yakesma diaudit langsung oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) HR Utomo.

“Laznas Yakesma melaksanakan proses audit dengan niat dan tanggung jawab kepada syariat, negara dan publik. Kami meminta KAP HR Utomo untuk melakukan proses audit,” kata Sahabudin dalam keterangan tertulis, Senin (12/12) sore.

Pada tanggal 14 September 2022 lalu, laporan keuangan Laznas Yakesma di tahun 2021 lalu, mampu meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Bagi Sahabudin, hasil audit keuangan ini tentu akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk bekerja sama dengan Laznas Yakesma dalam berbagai program kebaikan.

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih predikat opini WTP untuk Laporan Keuangan 2021 lalu,” tutur dia.

(Megel Jekson)