Jakarta, Aktual.com – Pemain bulu tangkis Malaysia Lee Zii Jia mengungkapkan ia masih mencari strategi yang tepat untuk dapat terus konsisten dalam penampilannya di berbagai turnamen bergengsi.

Lee mengaku tahu ada banyak pembicaraan tentang penampilannya, terutama setelah ia kalah di putaran pertama Malaysia Open lalu. Namun, ia juga menerima kenyataan bahwa ia masih dalam proses untuk terus mengevaluasi dan mendapatkan strategi itu.

“Saya perlu mencoba menemukan strategi yang tepat, yang cocok untuk saya, sehingga saya dapat bermain bersama dengan itu sepanjang karier saya. Anda dapat melihat (Viktor) Axelsen telah menemukannya. Itulah mengapa dia memiliki performa yang sangat stabil,” ujar dia, dikutip dari laman resmi BWF, Kamis (19/1).

Menurut pebulutangkis peringkat dua di dunia itu, banyak faktor dan hal yang harus digabungkan untuk akhirnya mendapatkan strategi yang sesuai. Bagi dia, tiap pemain memiliki solusi yang berbeda satu sama lain.

Lebih lanjut, Lee bersikeras bahwa dia akan membutuhkan waktu untuk menemukan “kenyamanan” yang pas bagi dirinya.

“Saya selalu mempertahankan bahwa setelah menjadi pemain profesional, itu akan menjadi tantangan berat bagi saya. Mungkin butuh waktu lebih dari dua tahun untuk menjadi pemain yang lebih baik. Saya tidak tahu, tapi saya siap untuk tantangan itu. Dan seperti yang saya katakan, begitu saya memutuskan untuk menjadi pemain profesional, saya siap menerima tantangan,” jelas dia.

Ia tak menampik bahwa ada tekanan dari ekspektasi penggemar di kampung halaman dan di seluruh dunia yang mengharapkan ia dapat tampil lebih stabil setelah dirinya menjadi pemain profesional.

“Mereka mengharapkan saya untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi. Seperti yang saya katakan, saya mungkin membutuhkan dua, tiga atau empat tahun untuk menjadikan saya pemain yang lebih baik karena ini adalah tantangan baru sebagai pemain profesional,” kata Lee.

“Ekspektasi memang mengganggu saya, saya harus mengakui itu. Saat ini saya mencoba untuk menjauh dari semua ini dan mencoba untuk tetap fokus pada bulu tangkis,” imbuhnya.

Sementara itu, Lee akan berhadapan dengan wakil China Li Shi Feng dalam babak 16 besar India Open 2023 hari ini.

(Warto'i)