Gorontalo, aktual.com – Legislator Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan, mengatakan, upaya pengembangan sektor pariwisata di daerah itu perlu didukung regulasi.

“Saya mengunjungi Desa Papulangi di Kecamatan Tolinggula, masyarakat menyampaikan agar kami (DPRD, red) memfasilitasi terkait percepatan Surat Keputusan (SK) Bupati, tentang penentuan lokasi wisata yang telah diajukan,” ujar Wisye, di Gorontalo, Minggu (15/12).

Aspirasi itu dinilainya penting, agar pengembangan sektor pariwisata dapat maksimal sebab didukung regulasi sebagai salah satu payung hukum yang diperlukan.
Objek wisata yang diajukan yaitu Papualangi Hills, sebuah lokasi di puncak Desa Papulangi.

“Akses ke lokasi itu sudah cukup bagus, meski ada di desa ke dua terujung di wilayah barat ini, namun saat berada di Papulangi Hills, rasanya ingin berlama-lama disana dan mengabadikan keindahan alamnya,” tutur Wisye.

Penentuan lokasinya memang diperlukan agar pengembangan Papualangi Hills tepat, mengingat banyak objek di desa itu yang direncanakan menjadi kawasan wisata.

Wisye berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dapat menindaklanjuti aspirasi tersebut karena memang sangat diperlukan dalam menunjang pengembangan Papualangi Hills sebagai area foto selfie yang diandalkan menjadi objek wisata di Kecamatan Tolinggula.

Wilayah perbatasan perlu mendapat perhatian serius katanya, sebab banyak potensi pariwisata yang layak dikembangkan.

Meski jarak tempuhnya cukup jauh dari pusat ibu kota kabupaten, namun kendala tersebut tidak berarti ketika wisatawan yang datang akan disuguhi dengan konsep pariwisata yang tepat.

Seperti wisata alam yang ramah lingkungan, maupun wisata olah raga seperti arung jeram yang sementara dikembangkan di Desa Papulangi.

Wisye optimistis, keinginan kuat pemerintah desa dan kecamatan untuk mengembangkan Papulangi menjadi kawasan pariwisata di Gorontalo Utara, dapat terwujud dengan adanya dukungan Pemkab melalui regulasi yang diperlukan. (Eko Priyanto)

(Zaenal Arifin)