Jakarta, Aktual.com — Sejumlah pengusaha rental mobil di Kota Bekasi, Jawa Barat, mendapatkan keuntungan lebih selama liburan Natal dan tahun baru 2016.

“Sebanyak 28 dari total 35 mobil yang tersedia sudah disewa konsumen. Kondisi ini memperlihatkan adanya lonjakan dari normal yang rata-rata hanya 5–10 unit,” kata Bakul 51 tahun, pengusaha Cahaya Rental Mobil di Jalan Jendral Sudirman, Bekasi Barat, di Bekasi, Sabtu (2/1).

Menurut dia, permintaan sewa kendaraan tersebut berlangsung sejak perayaan Natal hingga memasuki tahun baru. Konsumen, menurut dia, banyak yang menyewa kendaraannya untuk keperluan liburan keluarga.

“Mobil yang paling banyak keluar adalah jenis kendaraan keluarga, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Daihatsu Luxio, dan Suzuki APV,” katanya.

Dia mengatakan, para konsumen lebih tertarik dengan kendaraan jenis minibus dengan kapasitas tujuh penumpang. “Banyaknya penyewa mobil pada masa libur tahun ini membuat kami tidak bisa melayani penyewa lainnya. Beberapa penyewa harian terpaksa ditolak karena tidak ada lagi stok yang tersisa,” katanya.

Mobil sewaan tersebut, kata dia, mayoritas dipinjam untuk tujuan berlibur di Jabodetabek dan Bandung selama 2–3 hari. “Tarif sewa per harinya bisa Rp250 ribu sampai Rp350 ribu tergantung kondisi kendaraan,” katanya.

Namun, lanjut dia, tarif tersebut belum termasuk bahan bakar dan sewa sopir.

(Ant)

(Wisnu)