Penyerang sayap Ajax Antony Matheus (kiri) melakukan selebrasi bersama David Neres seusai mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund dalam laga lanjutan Grup C Liga Champions di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Selasa (19/10/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Piroschka van de Wouw)

Jakarta, Aktual.com – Ajax menggasak Borussia Dortmund empat gol tanpa balas untuk membukukan kemenangan 4-0 dalam laga lanjutan Grup C Liga Champions di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kapten Dortmund Marco Reus menghadiahi Ajax keunggulan lewat gol bunuh dirinya, yang kemudian disusul oleh Daley Blind, Antony Matheus dan Sebastien Haller demi melengkapi kemenangan telak tuan rumah.

Ajax memantapkan posisinya di puncak klasemen dengan koleksi sembilan poin penuh di atas Dortmund (6) yang harus puas tertahan di tempat kedua, demikian catatan laman resmi UEFA.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Ajax tampil menekan sejak awal laga dan mampu membuka keunggulan pada menit ke-11 setelah memaksa kapten Dortmund Marco Reus mencetak gol bunuh diri.

Berawal dari aksi Dusan Tadic mengeksekusi tendangan bebas, upaya hadangan Reus malah membuat ia menyundul bola memperdaya kiper Gregor Kobel.

Gol itu membuat Ajax kian percaya diri mengatur serangan, sementara Dortmund dipaksa menggalang pertahanan. Ajax sukses membongkar pertahanan tamunya pada menit ke-25 lewat sodoran Sebastien Haller yang disambar tembakan jarak jauh Blind demi menggandakan keunggulan tuan rumah.

Ajax nyaris menambah keunggulan mereka lagi pada menit ke-31, sayang sontekan Haller yang berusaha menyelesaikan umpan cermat Noussair Mazraoui bisa dihadang oleh Kobel.

Lantas pada menit ke-42, Dortmund terselamatkan oleh tiang gawang yang menolak bola tendangan bebas Antony Matheus yang sudah tak terjangkau Kobel.

Dortmund baru bisa betul-betul menciptakan ancaman semenit jelang turun minum melalui Erling Haaland tapi kiper gaek Remko Pasveer sukses menggagalkan upaya talenta muda buruan seantero Eropa itu demi menjaga keunggulan 2-0 Ajax hingga babak pertama usai.

Haaland kembali melakukan ancaman tiga menit memasuki babak kedua, tetapi lagi-lagi Pasveer memamerkan kebolehannya dengan menepis bola ke atas mistar gawang.

Alih-alih Ajax justru berhasil menambah keunggulan mereka pada menit ke-57 saat Antony menyambut umpan sundulan Haller dengan sepakan melengkung yang bersarang ke area tiang jauh gawang Dortmund.

Upaya balasan Dortmund tak kunjung membuahkan ancaman berarti lagi dan Ajax kembali mencetak gol untuk memperlebar marjin jadi 4-0 melalui sundulan jarak dekat Haller menyambut umpan silang akurat kiriman Blind pada menit ke-72.

Dortmund nyaris tak bisa berbuat banyak di sisa waktu yang ada dan harus puas pulang dengan tangan hampa dari Johan Cruijff Arena dikalahkan 0-4 oleh Ajax.

Dortmund tentu berambisi membalas kekalahan ini saat berganti menjadi tuan rumah menjamu Ajax dalam pertemuan berikutnya di Stadion Signal Iduna Park, Jerman, pada 3 November nanti.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)