Selebrasi Rodri (kanan) setelah mencetak gol untuk Manchester City dalam pertandingan Liga Inggris pekan ke-36 lawan Newcastle United pada 8 Mei 2022.

Jakarta, Aktual.com – Manchester City meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Fulham dalam lanjutan Liga Premier Inggris pekan ke-5 di Etihad Stadium pada Sabtu malam WIB.

City bermain dengan 10 pemain dalam pertandingan ini setelah Joao Cancelo dikartu merah di babak pertama. Julian Alvarez membuka keunggulan bagi The Cityzen sebelum Fulham menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Fulham.

City berhasil mencetak gol kemenangan secara dramatis lewat gol penalti Erling Haaland pada menit ke-95.

Berdasarkan laman resmi Liga Inggris, kemenangan ini membawa skuad asuhan Pep Guardiola itu ke puncak klasemen sementara dengan 32 poin, satu poin di depan Arsenal. Sementara Fulham tertahan di urutan delapan dengan 19 poin.

Manchester City memulai dengan mengambil kendali permainan. Kevin de Bruyne melepaskan percobaan jarak jauh pada menit ke-8, tetapi masih bisa diamankan Bernd Leno.

Manchester biru sukses memimpin pada menit ke-17. Ilkay Guendogan menyodorkan umpan terobosan yang berhasil dituntaskan oleh Julian Alvarez dengan tenang. Skor menjadi 1-0.

Tujuh menit kemudian, City kembali menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Namun, wasit menganulirnya karena berbau offside.

Fulham mendapatkan penalti setelah Joao Cancelo dikartu merah langsung karena melanggar Harry Wilson. Andreas Pereira maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Ederson. Kedudukan menjadi imbang 1-1.

City merespons gol Fulham dengan peluang pada menit ke-36. Alvarez lolos di kanan pada menit ke-36 dan menerima operan dari De Bruyne. Ia coba menembak dari sudut sempit, tetapi diblok oleh Tim Ream.

Serangan cepat dari City pada menit ke-42 setelah memecah tekanan dari Fulham. Jack Grealish menembak dari kiri, akan tetapi bola meluncur melebar.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir.

City langsung bermain agresif saat babak kedua dimulai. Umpan lambung De Bruyne bisa disudul Nathan Ake pada menit ke-52, tetapi bola masih bisa ditangani Leno.

Tim tuan rumah bisa mencetak gol kedua mereka pada ke-74. Haaland menuntaskan umpan lambung De Bruyne dengan sundulan, tetapi gol itu dianulir karena berbau offside.

Haaland lolos dan berlari di belakang garis pertahanan Fulham pada menit ke-82. Ia coba menembak, tetapi masih bisa diblok bek Fulham.

Manchester City terus menekan dan mendesak Fulham. Usaha tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-94, wasit memberikan tendangan penalti setelah Antonee Robinson melanggar De Bruyne.

Haaland maju sebagai eksekutor dan tendangannya tidak bisa dibendung Leno. Laga berakhir, Manchester City 2-1 Fulham.

Susunan Pemain:
Manchester City (4-3-3): Ederson, John Stones, Manuel Akanji, Nathan Ake, Joao Cancelo, Kevin de Bruyne, Rodri, Ilkay Guendogan (Ruben Dias 97′), Bernardo Silva, Julian Alvarez (Erling Haaland 64′), Jack Grealish (Phil Foden 64′)

Fulham (4-2-3-1): Bernd Leno, Kenny Tete, Issa Diop, Tim Ream, Antonee Robinson, Harrison Reed, Joao Palhinha, Harry Wilson (Daniel James 76′), Andreas Pereira (Luke Harris 88′), Willian (Kevin Mbabu 80′), Vinicius (Tom Cairney 76′)

(Andy Abdul Hamid)