Jakarta, Aktual.co — Teknologi mesin Hybrid yang saat ini sudah mulai ramai digunakan di mobil-mobil sejatinya adalah sebuah solusi untuk penghematan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), sekaligus untuk mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan.

Tapi, tahukah Anda jika penggabungan mesin konvensional dengan sistem motor listrik yang kini dikenal dengan hybrid ini ternyata mampu menambah tenaga, yang ada di dalam mobil, menjadi lebih berperforma tinggi.

Situs jual beli kendaraan di Indonesia, Carmudi, dalam rilisnya, Selasa (28/10), merangkum mobil yang hemat bahan dan ramah lingkungan ini dan mobil-mobil teknologi hybrid apa saja yang memiliki performa menakjubkan yang ada di dunia saat ini?

Berikut adalah daftar lima mobil hybrid berperforma mencengangkan versi Carmudi Indonesia:

Lexus LS 600hL

Daftar pertama dari mobil hybrid berperforma mencengangkan adalah Lexus LS 600hL. Menggunakan mesin 5.0 liter V8 dengan Lexus Hybrid Drive, Lexus LS 600hL berhasil menghasilkan tenaga puncak mencapai 389 HP. Meski Lexus LS 600hL merupakan sedan termewah Lexus, bukan berarti mobil ini tidak bisa diajak berlari kencang. Pasalnya, Lexus LS 600hL bisa diajak melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 6, 3 detik, dan top speed mencapai 250 km/jam.

BMW i8

Pengembangan BMW Efficient Dynamics yang telah berlangsung sejak 2009, akhirnya membuahkan hasil mobil sport BMW i8, yang memulai debutnya pada Frankfurt Motor Show 2013. Menggunakan mesin mungil BMW Twin Power Turbo 1.5 liter inline-3 dengan dua motor elektrik BMW eDrive Technology, BMW i8 mampu menghasilkan tenaga total 362 HP dengan torsi 570 Nm. Uniknya, mobil sport yang mampu berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik dan top speed di angka 250 km/jam ini hanya mengkonsumsi 2,1 liter bensin per jarak 100 km, sangat hemat.

Porsche 918 Spyder

Ketika teknologi hybrid masuk ke ranah hypercar, maka fungsi hybrid kini tak lagi hanya menjaga konsumsi BBM terus efisien, tapi juga menjadi tenaga tambahan untuk hypercar tersebut. Salah satunya adalah hypercar terbaik Porsche saat ini, Porsche 918 Spyder. Menggunakan mesin 4.6 liter V8 dan dua motor elektrik, Porsche 918 Spyder sanggup menelurkan tenaga total ke seluruh roda sebesar 887 HP, dan torsi mencapai 1275 Nm. Dengan kemampuan melesat hingga 345 km/jam, Porsche 918 Spyder ternyata memiliki konsumsi BBM yang sangat rendah, yakni 3,2 liter/100 km.

McLaren P1

Diluncurkan pada saat Geneva Motor Show 2013, hypercar McLaren ini langsung menjadi perbincangan publik berkat kemampuannya yang sangat mencengangkan. Bermesin 3.8 liter twin turbo V8 dan motor elektrik, McLaren P1 sanggup memuntahkan tenaga hingga 920 HP dan torsi mencapai 900 Nm, serta top speed hingga 350 km/jam. Sekedar info, salah satu dari 375 unit produksi McLaren P1 sudah berada di Indonesia dan sempat tampil di Sirkuit Sentul, Bogor.

Ferrari LaFerrari

Sebagai suksesor hypercar Ferrari Enzo, Ferrari LaFerrari ini memang membawa perubahan tersendiri di keluarga Ferrari. Pasalnya, Ferrari menggabungkan teknologi HY-KERS (Hybrid – Kinetic Energy Recovery System) dengan mesin 6.3 liter V12. Meski tak memberikan efek besar terhadap penghematan konsumsi BBM, tapi untuk segi tenaga mesin Ferrari LaFerrari justru semakin meningkat jauh. Pasalnya, dari teknologi tersebut tercipta tenaga dahysat 963 HP dan torsi puncak mencapai 898 Nm. Menggunakan penggerak roda belakang, Ferrari LaFerrari sanggup melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik, dan terus berlari hingga menyentuh redline di angka 350 km/jam.

()