Sejumlah angggota Satpol PP melakukan pembongkaran beberapa lapak PKL di sekitar Stasiun Manggarai, Senin, Jakarta Selatan (18/9/2017). Pembongkaran lapak PKL tersebut dalam rangka bulan tertib trotoar. AKTUAL/Munzir

Cianjur, Aktual.com – Enam belas pedagang di Segar Alam-Puncak Pass, Cianjur, Jawa Barat, membongkar sendiri warungnya karena lokasi tersebut akan dipapas untuk dijadikan landasan jalan. Petugas gabungan dari Satpol PP Cianjur dan TNI /Polri, ikut membantu pembongkaran kios yang berdiri di atas tanah milik negara itu.

“Pembongkaran ini dilakukan atas kesadaran pemilik warung,” kata Kepala Seksi Operasi Satpol PP dan Damkar Cianjur Heru Haerul Hakim pada wartawan, Minggu (1/4).

Dia mengatakan, kegiatan pembongkaran sebanyak 16 kios tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana Kementerian PUPR, untuk melakukan pemaprasan tebing dibawah warung yang lahannya rawan terjadi longsor.

“Belasan pedagang tersebut nantinya akan direlokasi di kawasan Pasar Cipanas. Mereka yang membongkar sendiri warungnya dan kami hanya membantu mempersiapkan armada untuk pengangkutan barang material,” katanya.

Dia menjelaskan setelah dilakukan pembongkaran terhadap 16 kios tersebut akan dilanjutkan pengikisan tebing setinggi 20 meter yang dibagian bawahnya akan dibangun jalan umum oleh PUPR pusat, untuk antisipasi kembali longsornya tebing dibawah jalan.