Beranda Regional Jawa Barat LPBINU DKI Ajak Masyarakat Jakarta Terus Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa di...

LPBINU DKI Ajak Masyarakat Jakarta Terus Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa di Cianjur

Ketua LPBI NU DKI, Laode Kamaludin Dalam Gudang Penampungan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur (IST)

Jakarta, aktual.com – Korban jiwa akibat terdampak gempa bumi M5.6 yang melanda Kabupaten Cianjur dan wilayah sekitarnya pada Senin pekan lalu terus bertambah. Data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Selasa sore menunjukkan korban meninggal berjumlah 310 orang. Sementara yang masih belum ditemukan, sebanyak 24 orang. Kerusakan infrastruktur terjadi pada 363 sekolah dan 144 tempat ibadah.

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nadhlatul Ulama (NU) DKI Jakarta ikut menggalang dana dan solidaritas untuk masyarakat korban gempa di Cianjur. Ketua LPBI NU DKI, Laode Kamaludin mengungkapkan Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta sudah membuka posko peduli Gempa Cianjur di Kantor PWNU DKI.

“Cianjur memanggil. Mari bersama NU DKI JAKARTA  Peduli Cianjur, bersama-sama bergerak serentak berdonasi dan menyiapkan untuk membantu saudara kita yang sedang berduka”, ujar Kamal dalam keterangan tertulis Sabtu (26/11) kemarin.

Kamal pun menjelaskan pekan depan pihaknya bersama sejumlah donatur akan mendistribusikan bantuan ke beberapa titik terpencil. Titik lokasi ini, hingga kini masih minim menerima bantuan karena lokasinya yang sulit terjangkau.

“Sementara kita sudah mempunyai data terbaru beberapa titik wilayah korban gempa yang belum sampai tersentuh. Dan titik wilayah ini sangat membutuhkan bantuan, khususnya bagi anak-anak dan balita. Insya Allah, pada Selasa malam, bantuan akan diberikan dari kantor PWNU DKI Jakarta oleh Habib Salim Sholahudin dan Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta,” terangnya.

Dalam rangka mempercepat penanganan darurat pasca gempa, NU DKI terus membuka pintu selebar-lebarnya kepada donatur dan dermawan yang ingin membantu. LPBI NU DKI mengajak para dermawan dapat memprioritas bantuan dalam hal penyaluran air bersih, pemberian peralatan bayi serta makanan buat balita.

“Kami berkolaborasi dengan Pengurus NU di Kab Cianjur, Relawan Jari Raya Tanggap Bencana  dan lembaga lainnya serta pemerintah setempat  untuk mempercepat penanganan dan pendistribusian bantuan. Kami sampaikan terimakasih banyak kepada para donatur yang sudah bekerjasama dengan NU DKI Peduli untuk Korban Gempa Cianjur. Khususnya kepada Mitra Pangan Nusantara, PT Artha sentra Niaga, PT Ario Makmur, PD Budi Lestari, PT Rantai Mas Abadi dan donatur lainnya,” tuturnya

(Megel Jekson)