Pemprov DKI Jakarta telah membentuk Pos Pelayanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Transportasi Publik pada 3 BUMD Jakarta, sebagai upaya mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, yakni di MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta.

Dinas PPAPP DKI juga terus berupaya menggencarkan kampanye dan sosialisasi di seluruh wilayah Jakarta guna mewujudkan transportasi publik yang ramah perempuan dan anak.

“Awalnya Transjakarta menjalankan di 23 halte dan sekarang sudah diperbanyak lagi menjadi 50 halte. Seluruh petugasnya dilatih dan tentu menggunakan standar,” tambah Tuty.

Adapun pencanangan yang bertajuk “Perempuan Berdaya, Perempuan Berbudaya, Indonesia Maju” tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan Talkshow “Pelayanan Ramah Perempuan dan Anak: Anti Kekerasan di Ruang Publik”, Fashion Show di dalam LRT Jakarta, serta pameran UMKM di Stasiun LRT Jakarta Velodrome.

Selain itu, juga dilakukan pemasangan Badge untuk para petugas Call Center Pos SAPA LRT Jakarta oleh Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga, Pj Ketua TP PKK DKI Jakarta Mirdiyanti Budi Hartono, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawati, serta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

(Zaenal Arifin)