Jakarta, Aktual.com – Prodia meluncurkan pemeriksaan kesehatan berupa program pengendalian obesitas, yaitu Fat Loss Panel. Peluncuran produk ini dalam upaya mendukung fokus Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengenai obesitas.

Peluncuran ini secara resmi dilakukan oleh Direktur Business & Marketing Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati dan AVP Business & Marketing-Referral Lab Services Lies Gantini di Burgreens Eatery, Dharmawangsa, Rabu (17/10).

Obesitas saat ini menjadi penyakit yang populer di tengah masyarakat. Sebuah penelitian menunjukkan hampir 22 persen masyarakat dunia diprediksi mengalami obesitas pada 2045.

“1 dari 8 orang akan mengalami diabetes tipe-2. Sebuah riset dari New England Journal of Medicine memperkirakan 10 persen dari populasi di dunia saat ini mengalami obesitas. Riset ini menunjukkan tingkat obesitas meningkat dua kali lipat di 73 negara,” kata Indriyanti kepada wartawan.

Menurutnya, terdapat beberapa penyebab seseorang mengalami obesitas. Diantaranya adalah faktor genetik/keturunan, gaya hidup tidak sehat seperti pola makan yang tidak seimbang, seperti tinggi kalori karena pengolahan yang dominan digoreng, tinggi karbohidrat sederhana seperti gula dan tepung, tinggi kandungan garamnya, juga rendah serat, serta kurangnya aktivitas fisik.