Cirebon, aktual.com – Mahasiswa dari berbagai kampus di Cirebon, Jawa Barat, kembali menggelar aksi demo di depan Gedung DPRD dan Balai Kota, mereka masih menyerukan terkait penolakan revisi UU KPK dan RKUHP.

Dalam orasinya mahasiswa masih menyerukan terkait penolakan revisi UU KPK yang dianggap telah melemahkan lembaga pemberantasan korupsi.

“Kami Aliansi Mahasiswa Cirebon masih tetap menolak adanya revisi UU KPK dan RKUHP,” kata mahasiswa saat melakukan orasi di depan Gedung DPRD Kota Cirebon, Kamis (26/9).

Selain menyerukan lewat orasi, para mahasiswa juga membawa berbagai spanduk yang isinya menolak adanya pelemahan ditubuh KPK.

Para mahasiswa juga menyerukan penolakan beberapa pasal yang tercantum di RKUHP, karena dianggap akan menghambat laju demokrasi yang telah dibangun lama.

Ratusan mahasiswa yang melakukan unjuk rasa juga mengenakan jas almamater masing-masing kampus, untuk menunjukkan dari mana asal mereka.

Aksi yang berjalan kurang lebih tiga jam itu dijaga ketat oleh aparat gabungan baik dari TNI, Polri dan juga Satpol PP.

Tidak hanya mahasiswa kali ini ada juga beberapa pelajar SMA dan SMK yang ikut aksi unjuk rasa, di mana mereka masih mengenakan seragam sekolah.

Aksi yang berlangsung beberapa jam itu berjalan dengan damai tanpa ada gesekan antara mahasiswa dan pihak keamanan yang menjaga.

Ant.

(Zaenal Arifin)