Jakarta, Aktual.com — Gizi merupakan aspek penting ketika Anda memilih untuk melakukan diet. Karena saat diet dilakukan, ada beberapa kebiasaan porsi makan yang akan hilang dari tubuh kita. Tak hanya menjaga asupan gizi, salah satu yang menjadi kebiasaan buruk ketika melakukan diet yaitu, sulitnya istirahat.

Sebenarnya yang paling sulit dari melakukan diet yaitu menghilangkan kebiasaan buruk kita. Kebiasaan seperti mengasup makanan berlemak, camilan, minuman berkarbonasi, dan kecanduan yang tidak sehat akan gula dan juga karbohidrat. Bila Anda mencoba untuk melakukan diet, pilihlah makanan pengganti makanan kebiasaan buruk Anda, seperti :

Biji-bijian
Biasanya Anda akan mengonsumsi roti, kerupuk, kue, atau jagung dalam melakukan diet. Cobalah beralih untuk mengonsumsi gandum, barley dan quinoa. Biji-bijian yang mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh Anda. Bahkan, dapat mengurangi resiko diabetes dan juga serangan penyakit jantung.

Buah segar
Sering kali kebiasaan buruk kita yakni, mencari minuman segar seperti jus buah kemasan, atau teh dingin yang sudah dikemas untuk sejenak melepas dahaga. Namun, itu semua menjadi kebiasaan yang buruk ketika Anda mencoba menerapkan pola hidup sehat.

Sebaiknya Anda beralih mengonsumsi berbagai buah-buahan segar. Selain mengandung banyak vitamin, ini juga akan berdampak lebih sehat terhadap tubuh anda.

Buah yang dikeringkan
Gula serta rasa manis merupakan hal yang menyenangkan. Seringkali kita berpergian menyicipi cita rasa hidangan resto ternama. Misalnya, dessert permen, cokelat, cake dan lainnya. Tapi ketahuilah bahwa itu semua berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Sebaiknya beralih mengonsumsi buah yang dikeringkan bila Anda menginginkan sesuatu yang manis. Buah seperti mangga yang dikeringkan, atau pepaya dan juga anggur bisa menggantikan nafsu manis Anda dan juga lebih sehat karena buah-buahan kering mengandung kalium dan serat yang sehat bagi tubuh Anda.

‘Onion ring’
Anda pasti familiar dengan makanan yang satu ini. ‘Onion ring’, merupakan potongan bawang bombay yang dibalur dengan tepung bumbu lalu digoreng hingga berwarna keemasan.

Jika Anda membutuhkan rasa yang asin dan renyah ketika sedang dalam fase diet, cobalah ‘onion ring’. Pada dasarnya, bawang mengandung phytochemical yang meningkatkan kadar vitamin c dalam tubuh Anda. Bawang juga dikenal untuk mengurangi peradangan sekaligus menyembuhkan infeksi dalam tubuh manusia.

Makan telur
Makanan olahan telur menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin mengonsumsi sejumlah protein yang berkualitas tinggi. Telur dapat membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Dan, telur mengandung mineral seperti zat besi, kalium dan ‘seng’ yang dibutuhkan oleh tubuh. (Sumber: Natural News).

()