(Instagram mancity)

Jakarta, Aktual.com – Manchester City berpesta gol di kandang Sporting CP dengan skor 5-0 ketika kedua tim bertemu pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Selasa malam waktu setempat.

Manchester City berhasil menyarangkan lima gol ke gawang Sporting CP melalui Riyad Mahrez, brace Bernardo Silva, sepakan Phil Foden dan ditutup oleh Raheem Sterling.

Kemenangan besar Manchester City atas Sporting CP ini membuat mereka bisa dibilang telah meletakkan satu kaki di babak selanjutnya dan akan menjalani leg kedua di Stadion Etihad, Manchester, 10 Maret mendatang.

Pada pertandingan ini, Manchester City yang berkekuatan penuh langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan berhasil unggul ketika laga baru berjalan tujuh menit.

Kevin De Bruyne yang lolos dari jebakan offside berhasil mengirimkan umpan tarik kepada Riyad Mahrez yang tak kesulitan untuk membobol gawang dari Sporting CP dan mengubah skor menjadi 1-0.

Gol kedua Manchester City lahir pada menit ke-17 ketik sepak pojok Riyad Mahrez berupaya dibuang oleh lini belakang Sporting, namun bola tersebut berhasil disambar Bernardo Silva dan mengubah skor menjadi 2-0.

Pesta gol Manchester City terus berlanjut kali ini melalui Phil Foden setelah menyambut umpan dari Riyad Mahrez yang melewati tiga pemain bertahan Sporting CP dan skor berubah menjadi 3-0 pada menit 32.

Manchester City menutup babak pertama dengan keunggulan 4-0 setelah Bernardo Silva mencatatkan gol keduanya pada menit 44 setelah menerima umpan dari Raheem Sterling.

Di babak kedua, Manchester City tida mengendurkan serangannya dan Bernardo Silva mencatatkan gol ketiganya pada menit 49, namun kemudian dianulir oleh VAR karena berada di posisi offside terlebih dahulu.

Gol kelima Manchester City tercipta pada menit ke-58 melalui upaya dari Raheem Sterling setelah menerima umpan dari Bernardo Silva dan melepaskan tembakan keras ke sudut atas gawang Sporting yang dijaga Antonio Adan dan mengubah skor menjadi 5-0.

Di sisa waktu babak kedua, Manchester City tetap bermain dominan dan sempat mengancam ketika sepakan Riyad Mahrez terkena bek Sporting Sebastian Coates, namun bola masih melambung tipis di atas mistar gawang dan membuat skor 5-0 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)