Manowari, Aktual.com – Protes atas dugaan persekusi dan rasisme di Pulau Jawa, massa yang melakukan aksi unjuk rasa di DPRD Kota Manokwari, Papua Barat, berlangsung ricuh dan rusuh. Massa pun membakar kantor dan sejumlah kendaraaan.

Alhasil aktivitas pemerintahan dan perekonomian masyarakat di Manokwari lumpuh total akibat adanya aksi unjuk rasa yang berlangsung ricuh tersebut.

Para pengunjuk rasa juga memenuhi ruas jalan-jalan utama Kota Manokwari. Pengunjuk yang melakukan aksi juga bukan hanya kaum pria, beberapa perempuan juga terlihat bergabung dengan massa.

Unjuk rasa masyarakat di Manokwari tersebut memprotes penangkapan dan dugaan persekusi terhadap para mahasiswa asal Papua di sejumlah daerah terutama di Surabaya, Jawa Timur.

Mereka mengecam sikap represif aparat dan segelintir oknum yang mengeluarkan kata-kata bernada rasial terhadap masyarakat Papua.

“Jangan coba-coba, kita semua ini NKRI. Sudah 74 tahun Indonesia merdeka, jangan ada lagi rasis-rasis,” teriak pengunjuk rasa di Manokwari.

(Abdul Hamid)