(ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, aktual.com – Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra M. Hamzah, ditunjuk menjadi Komisaris Utama Bank Tabungan Negara (BTN).

“Komisaris Utama (BTN) Pak Chandra Hamzah,” kata Menteri BUMN Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/11).

Sementara untuk Direktur Utama BTN, Menteri BUMN menunjuk Pahala N. Mansury, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan Pertamina (persero).

Erick mengatakan, Chandra Hamzah memiliki latar belakang mumpuni di bidang hukum. Untuk itulah, dirinya tertarik mengajak Chandra Hamzah bergabung di perusahaan pelat merah.

“Kita tahu di BTN sekarang ada isu-isu yang kurang baik tentu harus dilihat secara hukum, apalagi ini ujung tombak pembiayaan perumahan rakyat nasional,” jelasnya.

Menurut dia, apabila masalah hukum yang membayangi BTN tersebut tak diselesaikan dengan baik, maka pembangunan fasilitas rumah akan terganggu. Terlebih, kata Erick, pemerintah dalam proses memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

“Kalau tidak sehat, tidak bagus, apalagi ke depan ada program anak-anak usia 25-35 tahun bisa mendapat akses perumahan atau PNS yang usianya muda, kita akan pindah ke ibukota baru, kalau tidak ada fasilitas rumah bagaimana?” tutur Erick.

(Zaenal Arifin)