Pebulutangkis putri anggota tim Piala Uber Indonesia Maria Febe Kusumastuti berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (4/5). Tim bulutangkis beregu Putra dan Putri Indonesia akan bertanding memperebutkan Piala Thomas dan Uber di Kunshan, Tiongkok pada tanggal 15-22 Mei 2016. ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo/pd/16

Jakarta, Aktual.com — Atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Maria Febe Kusumastuti meraih poin pertama tim Merah Putih dalam pertandingan pertama grup C Piala Uber 2016 di Stadion Bulu Tangkis Kunshan China, Minggu (15/5), setelah menang dari tunggal putri Bulgaria.

“Kemenangan ini modal bagi kami. Kami harus merebut partai pertama hingga ketiga karena Bulgaria juga fokus pada tiga pertandingan pertama,” kata Febe usai pertandingan.

Febe, dalam pertandingan yang berlangsung selama 42 menit, menang atas wakil Bulgaria Linda Zetchiri dalam dua set langsung 21-12, 24-22.

Setelah merebut set pertama 21-12, Febe tampak kewalahan pada set kedua menghadapi perubahan permainan Linda yang merupakan pemain kidal.

Berkali-kali Linda menyamakan kedudukan 11-11, 14-14, 17-17 hingga melewati game setting 20-20. Febe tidak mampu mengembalikan serangan Linda yang mengarah ke sisi kanannya.

Drama game setting juga terjadi saat Febe gagal melewatkan bola ke sisi lapangan lawan hingga skor imbang 22-22. Tapi, atlet Djarum Kudus itu tetap tenang dan berhasil melakukan drop shot memenangkannya 24-22.

“Ini adalah pertandingan Piala Uber keempat untuk saya. Bagi saya, ini adalah kesempatan untuk saling berbagi dengan pemain-pemain lain terutama pemain junior seperti Fitriani,” kata atlet berusia 26 tahun itu pula.

Febe mengakui lawan tandingnya dalam laga pertama grup C Piala Uber 2016 mampu mengubah pola permainan saat mendapatkan bola-bola reli.

“Saya terus mengarahkan bola ke atas kepalanya dan dia justru mampu mengembalikan serangan dengan baik. Dia tidak terlalu istimewa sebagai pemain kidal,” kata Febe lagi.

Pada partai kedua, Indonesia menurunkan Fitriani untuk menghadapi Petya Nedelcheva dari Bulgaria.

Fitriani merebut set pertama 21-9 saat pertandingan partai tunggal kedua itu berlangsung di Kunshan China, Minggu.

(Antara)

(Arbie Marwan)