Jakarta, Aktual.co — Bekas Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan, pemisahan kementerian pendidikan yang dibagi menjadi kementerian pendidikan dasar dan kebudayaan, yang dipimpin oleh Anies Baswedan tidak akan mudah.
“Anies akan diuji dengan memimpin Kementerian Dikdasmenbud. Tidak mudah apalagi di dalam kemendikbud birokrasi yang sudah sulit diubah karena berpikir proyek,” kata dia melalui pesan singkat, Minggu (26/10).
Anies, menurut dia, juga akan kesulitan menghitung biaya pendidikan 20 persen dari APBN dengan pendidikan yang dipecah dua.
“Pemecahan pendidikan dalam dua kementerian itu akan membuat blunder. Proses pendidikan itu mulai dari dini sampai tinggi, kok PT gabung ke ristek?,” kata dia. (Baca: Anies Baswedan Akui Tugas Menteri Tak Mudah)
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan menjadi Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah.
Anies pun menerima amanat dari Presiden, dia berjanji akan menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
“Saya menerima kepercayaan dan tanggungjawab ini. Setiap kepercayaan yang saya terima, saya menekankan pada prinsip I don’t fight to get a job, but I fight to do my job,” kata Anies setelah diperkenalkan sebagai menteri oleh Jokowi di Istana Negara, Minggu (26/10).

()