Jutaan peserta Aksi Damai 212 melaksanakan Salat Jumat di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Jumat (2/12). Meski berada di tengah guyuran hujan deras, mereka tetap khusyuk menjalankan kewajibannya sebagai muslim. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Sebagian anggota jamaah Doa Bersama 2 Desember (212) berangsur mulai meninggalkan Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat setelah selesai melakukan sejumlah ritual ibadah termasuk menuntut penegakan hukum dugaan penistaan agama.

Berdasarkan pengamatan, beberapa massa meninggalkan Istiqlal dengan menumpang bus umum, bus pariwisata, kendaraan pribadi dan moda transportasi lainnya.

Sebagian lainnya, memilih untuk berjalan kaki menuju tujuannya masing-masing termasuk ke arah Stasiun Juanda dan tempat pemberhentian kendaraan umum terdekat dari Istiqlal.

Layaknya aksi massa pada umumnya, sampah berserakan di jalanan dekat Pintu Assalam, Istiqlal, sisa dari kegiatan mereka seperti botol air mineral, sedotan, bungkus makanan, sampah organik dan lainnya.

Keadaan diperparah dengan jalanan yang becek dan berlumpur di sejumlah titik akibat aksi massa yang dibarengi dengan hujan ringan.

Kendati demikian, masih banyak aktivitas warga di area Istiqlal. Diketahui, sebagian jamaah menginap di area Istiqlal guna ikut aksi 212.

Beberapa dari mereka sudah menuju rumah masing-masing tetapi masih ada yang memilih untuk tetap di Istiqlal untuk sementara waktu, termasuk untuk meneruskan menginap di sekitaran Istiqlal.

(Ant)

(Nebby)