Jakarta, aktual.com – Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat untuk Demokrasi (Almadea) menggelar demonstrasi di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta Pusat, Selasa (11/10/2022). Dalam aksinya, mereka meminta untuk menangkap dan memecat para pejabat di Kemenhub yang diduga terlibat dalam mafia proyek.

“Kami mendorong Menhub agar bertindak tegas dan segera mencopot pejabat Kemenhub yang diduga terlibat dalam praktek mafia proyek dan mafia jabatan,” kata Koordinator Lapangan, Yulius Carlos ditemui di lokasi, Selasa (11/10/2022).

Yulius menuturkan, Kemenhub sebagai lembaga pemerintah yang mengatur infrastruktur transportasi seharunya memiliki komitmen yang baik dan taat pada arahan Menteri Perhubungan (Menhub)

“Kememhub adalah tulang punggung dalam sektor infrastruktur transportasi baik itu di darat, laut, udara. Ironisnya banyak pejabat di Kementrian Perhubungan yang bersikap tidak loyal dan taat pada komitmen baik dari para pimpinannya khususnya Menhub,” ujar dia.

Yulisa menduga ada oknum pejabat Kemenhub yang menyalahgunakan kewenangan, sehingga banyak mengatur proyek yang sudah diatur, bahkan ada pula yang mengancam pimpinan yang berada di level lebih rendah.

“Kami turut memberikan perhatian secara khusus terhadap Kementerian Perhubungan dan perusahaan-perusahaan atau pengusaha swasta yang terlibat dalam permainan proyek selama ini dan oknum pejabat tersebut. Di sisi lain keberadaan mafia proyek swasta dan jejaringnya dilingkungan Kemenhub harus segera diberantas,” kata dia.

Pihaknya juga meminta kepada Kejaksaan Agung, KPK dan Polri untuk segera melakukan penyelidikan secara serius terhadap dugaan kasus tersebut.

“Mendesak melakukan penyelidikan atas praktek permufakatan jahat di lingkungan Kemenhub. Bersihkan Kementrian Perhubungan dari para pejabat korup dan bermental mafia,” imbuh dia.

(Zaenal Arifin)