Olympia, Aktual.com – Di saat sebagian besar orang terpaku pada kerusuhan di Capitol AS, para pendukung Donald Trump juga berdemonstrasi di kota-kota di seluruh Amerika Serikat, dan di Olympia, Washington, pengunjuk rasa merangsek ke dalam rumah gubernur.

Video yang diungkap CNN menunjukkan para demonstran – beberapa dengan perlengkapan taktis dan senapan – berteriak, “Kami tidak berbicara lagi saat ini.”

Sekelompok orang mengguncang gerbang keamanan besi di pintu masuk properti sampai pintu gerbang terbuka, Kamis (7/1).

“Gubernur (Jay Inslee) tidak dalam bahaya,” kata Sersan Patroli Negara Bagian Washington, Darren Wright saat jumpa pers, namun ia tidak mengomentari penerobosan tersebut.

Trump sebelumnya mendesak para pendukungnya untuk melawan penghitungan seremonial suara elektoral yang akan mengonfirmasi kemenangan Presiden terpilih Joe Biden.

Banyak pengunjuk rasa di Olympia mengenakan pakaian Trump, tetapi juga mengatakan bahwa mereka di sana untuk mengeluhkan soal pembatasan pandemi negara bagian.

Patroli negara bagian tidak melakukan penangkapan.

“Jika Anda melakukan satu penangkapan, itu bisa membuat keributan dan memperburuk keadaan,” kata Wright.

“Jika mereka tidak menciptakan kekerasan pada saat ini dan mereka tidak merusak properti, kami punya waktu, dan kami ingin mencoba untuk membuatnya seaman mungkin.”

Para pengunjuk rasa pergi dengan damai setelah pasukan tambahan dan deputi sheriff tiba di properti. Wright mengatakan mereka tidak melihat ada kerusakan di halaman selain gerbang.(RRI)

(Warto'i)