Jakarta, Aktual.co —Wakil Wali Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi menyatakan pihaknya kini lebih siap menghadapi banjir dibandingkan pada musim penghujan sebelumnya karena telah dilakukan langkah-langkah antisipatif upaya pencegahan menggenangnya air di wilayah setempat.
“Banjir telah menjadi sesuatu yang rutin dan kami harus lebih siap menghadapinya,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Utara Tri Kurniadi di Jakarta, Kamis (6/11).
Pemerintah Kota Jakarta Utara, katanya, telah mengambil sejumlah langkah antisipatif menghadapi bencana banjir, antara lain menata dan normalisasi kali yang berada di sekitar Jakarta Utara.
“Kami sedang menata saluran dan normalisasi kali yang selama ini menjadi penyebab mudahnya air menggenangi beberapa kawasan,” katanya.
Penanganan secara rutin saat banjir, lanjut dia, juga sedang dilakukan, salah satunya dengan mendirikan posko banjir di kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Utara di Jalan Yos Sudarso, Tanjung Priok.
“Petugas di posko siaga 24 jam dan telah disebar nomor telepon sebagai informasi maupun laporan dari warga,” katanya.
Pihaknya berharap musim penghujan kali ini dampaknya tidak seperti tahun sebelumnya yang menyebabkan genangan terjadi di beberapa titik.
“Semoga musim hujan tahun ini tidak memunculkan banjir dan genangan di lokasi-lokasi yang memang rawan,” kata Tri Kurniadi.
Sementara itu, salah seorang petugas di posko siaga banjir, Zaenal, mengaku semua peralatan dan perlengkapan menghadapi ancaman banjir telah tersedia, bahkan sudah disiapkan di hampir semua kecamatan dan kelurahan se-Jakarta Utara.
“Petugas di posko dan lapangan sudah siap. Yang di posko untuk koordinasi, sedangkan di lapangan sampai sekarang masih bekerja, salah satunya mengeruk lumpur di kali atau normalisasi saluran air,” katanya.
Berdasarkan data di posko siaga banjir, pada musim penghujan lalu terdapat beberapa titik rawan banjir, antara lain kawasan Perumahan Taman Nyiur Sunter, pintu masuk KBN Cakung, depan mal Kelapa Gading, kawasan industri Astra Sunter, dan kawasan Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara.
Kemudian, kawasan kompleks TNI AL Dewa Ruci Cilincing, Tancho di Jalan Yos Sudarso, Jalan Usaha Kelurahan Kebon Bawang, Jalan Bahari Tanjung Priok, depan Balai Samudra Kelapa Gading, Jalan Pluit Putra, Jalan Kepala Nias, Jalan Kebantenan IV Semper Timur serta di kawasan pintu keluar Tol Plumpang.

(Andy Abdul Hamid)