ilustrasi Gambar Realme 9i (Foto: Dok. Istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Pelan tapi pasti, realme terus mengembangkan sayap bisnisnya di Indonesia. Beragam smartphone dengan teknologi terbaru selalu hadir di setiap tahunnya. Ada banyak jenis ponsel realme yang masuk pasar Indonesia setiap tahunnya. Rata-rata produk yang mereka tawarkan menyasar konsumen kelas menengah ke bawah. Terbaru, pabrikan asal Tiongkok ini merilis realme 9i untuk pasar Indonesia.

Melalui acara peluncuran yang bertajuk Unleash The Mighty Power, realme sekaligus memperkenalkan dua jenis smartphone, yakni realme narzo 50 5G dan realme 9i. Dari kedua ponsel tersebut, realme 9i cukup menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, ponsel ini berlabel sebagai ponsel perkasa di kelas Rp 2 jutaan. Dengan harga segitu, realme menyematkan banyak fitur menarik yang akan memanjakan para penggunanya. Berikut ini deretan spesifikasi yang dibawa realme 9i ke Indonesia:

1. Chipset Snapdragon 680 4G tawarkan performa yang mumpuni

Hal pertama yang menjadi daya tarik ponsel ini adalah chipset yang dibawanya. realme menyematkan chipset jenis Snapdragon 680 4G pada ponsel ini. Chipset produksi Qualcomm ini menghadirkan tenaga yang cukup mumpuni untuk ponsel sekelas realme 9i. Dibangun dengan fabrikasi 6 nm, Snapdragon 680 4G mampu menghasilkan tenaga yang mumpuni dan konsumsi daya yang tergolong rendah.

Untuk ponsel di kelas menengah, performa Snapdragon 680 sudah sangat teruji. Chipset ini bisa digunakan untuk mobile game seharian. Bahkan game berat sekalipun bisa dijalankan dengan mulus.

Buat para gamer mobile, ini bisa menjadi salah satu senjata terbaik untuk bermain game. Selain mampu menjalankan game dengan baik, konsumsi baterainya yang tergolong rendah juga akan membuat gamer semakin nyaman menggunakannya.

2. Menggunakan layar Ultra Smooth 90 Hertz

realme 9i dibekali dengan layar berpanel IPS LCD 6.6 inci dengan resolusi Full HD Plus. Selain itu, ponsel ini juga ditopang dengan refresh rate 90 Hertz dan touch sampling 180 Hertz. Keberadaan fitur ini membuat pergerakan layar menjadi lebih mulus dan responsif. Untuk menghemat daya baterai, pengguna juga bisa menyesuaikan tingkat kecepatan refresh, tersedia opsi 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, dan 90Hz. Hal ini tentunya akan membuat pengguna semakin nyaman menggunakannya, apalagi mereka yang gemar bermain mobile game.

Untuk keamanan, ponsel ini juga sudah dibekali dengan proteksi Dragontrail Pro Glass. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir apabila ponsel terjatuh. Proteksi ini akan menjaga layar dari kerusakan. Namun bukan berarti pengguna tidak perlu menggunakan anti gores. Silahkan menambahkan anti gores untuk menambah keamanan layar ponsel.

3. Mempunyai triple kamera 50 MP

Bagi pengguna yang suka foto-foto, realme juga melengkapi ponsel ini dengan teknologi triple kamera di bagian belakang. Terdapat kamera utama 50MP dengan bukaan f/1.8, kamera potret hitam putih dengan bukaan f/2.4, dan lensa makro dengan jarak pemotretan 4 cm.

Kombinasi tiga kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas baik. Selain tiga kamera utama, realme 9i juga dibekali dengan kamera AI selfie 16MP. Kamera ini dilengkapi dengan fitur-fitur menarik untuk menghasilkan gambar yang memukau.

4. Kapasitas baterai hingga 5.000 mAh

Satu lagi keunggulan lain dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang mencapai 5000 mAh. Kapasitas ini mampu menemani pengguna untuk beraktivitas seharian. Pengguna bisa menggunakan ponsel ini seharian untuk memutar video atau bermain game. Khusus untuk pecinta game, fitur ini menjadi pelengkap dari chipset Snapdragon 680 4G. Mereka bisa bermain game dengan lancar dalam waktu yang cukup lama.

Selain kapasitas baterai yang besar, realme 9i juga dibekali dengan teknologi 33W Dart Charge. Keberadaan teknologi ini mampu mempercepat proses pengisian baterai. Jika dibandingkan dengan realme 8i, realme 9i memiliki kecepatan pengisian lebih cepat 36%. Selain itu, proses pengisiannya juga lebih aman.

5. Spesifikasi lain yang tidak kalah menarik

Dari sisi tampilan, desain realme 9i terinspirasi dari interaksi antara prisma dan cahaya. Terdapat hingga 3000 garis yang dibuat presisi untuk menghasilkan prisma tiga dimensi yang menyajikan efek cahaya yang menarik di mata. Hal ini membuat ponsel menjadi terlihat lebih elegan. realme menyediakan dua versi warna, yakni prism blue dan prism black.

realme 9i mempunyai dua pilihan media penyimpanan, yakni RAM 4GB & ROM 64GB dan RAM 6GB & ROM 128GB. Untuk versi tertinggi, realme menambahkan fitur Teknologi Dynamic RAM Expansion (DRE). Dengan teknologi ini memungkinkan memori 6GB bisa diperluas hingga 5GB, sehingga kapasitasnya menjadi 11GB.

Guna meningkatkan pengalaman menikmati hiburan, realme juga melengkapi realme 9i dengan fitur dual stereo speakers. Fitur ini mendukung hi-res audio, sehingga mampu menghasilkan suara yang superior dan high fidelity. Fitur ini akan membuat pengguna semakin nyaman dalam menikmati hiburan dengan realme 9i, termasuk saat bermain game.

(Nurman Abdul Rahman)