Ki-Ka: Rizky Ali Akbar, Kord. Program Pemberdayaan Sosial Medco Foundation, Muntazar, Perwakilan Masjid Yusuf, Ust. M. Syamanhudi Abd., Ustdzah Hj. Khoirunnisa, Ustadzah Mekka M, dan Ust. Fairus Nahiduddin, Ponpes La Tansa Lebak Banten. Foto: Ist.

Lebak, aktual.com – Akibat banjir yang terjadi di awal tahun, Pondok Pesantren La Tansa di Kabupaten Lebak, Banten, mengalami kerusakan yang cukup parah. Berbagai bangunan seperti rumah guru, kantin, aula, dapur umum santri pria, ruang laundry, hingga tempat makan hancur.

Akibatnya, ribuan santri di salah satu pondok pesantren terbesar di Lebak tersebut tidak bisa masuk sesuai jadwal. “Para santri harusnya masuk Senin (13/1) lalu setelah libur akhir tahun, tetapi dengan kondisi ini mereka akan masuk mulai 18 Januari nanti. Itu pun bertahap,” kata Samanhudi, salah satu ustadz atau pengajar di pesantren tersebut.

Menurut Samanhudi, dengan melihat kondisi kerusakan yang terjadi, serta proses perbaikan yang sedang berjalan, tidak mungkin seluruh santri akan mengawali kegiatan belajar secara serentak. “Setelah tahap awal di tanggal 18 Januari, tahap selanjutnya akan masuk pada tanggal 19, 25, 26, dan 27 Januari. Sembari kita mempersiapkan sarana dan prasarana yang rusak,” ujarnya.

Untuk meringkan beban dan membantu mempercepat proses kegiatan belajar mengajar, berbagai pihak turut membantu pesantren yang sempat dikunjungi Presiden Jokowi pada 7 Januari lalu. Salah satunya adalah Medco Group melalui Tim Medco Peduli. Mereka membantu perlengkapan dapur untuk pesantren yang berdiri sejak 1991 tersebut. “Kami memperhatikan perlengkapan ini mendesak untuk diadakan agar pengelola pesantren siap beroperasi saat para santri masuk, makanya kami bantu ini,” ujar Muntazar, yang mewakili Tim Medco Peduli dalam penyerahan bantuan ini, melalui siaran persnya di Jakarta, Jumat (17/1).

Atas bantuan ini, Samanhudi mengungkapkan terima kasih. Ia menjelaskan kebutuhan dapur ini jarang sekali diperhatikan, padahal sangat penting. “Perlengkapan ini sangat bermanfaat karena nanti akan langsung dipergunakan untuk memasak makanan para santri,” ungkapnya.

Lebih lanjut Muntazar melanjutkan bantuan yang diberikan untuk Ponpes La Tansa ini berasal dari berbagai donatur. “Salah satunya adalah para jamaah Masjid Yusuf di The Energy Building,” katanya. “Semoga bisa membantu Ponpes La Tansa agar bisa cepat pulih karena mereka harus siap-siap melayani ribuan santri dalam waktu dekat.”

Tim Medco Peduli sebelumnya juga sempat menggunakan Ponpes La Tansa sebagai pos kegiatan tanggap bencana di wilayah Lebak. Selain membantu membersihkan lumpur yang masuk ke berbagai bangunan di La Tansa, Tim Medco Peduli saat itu juga membantu warga masyarakat di sekitar Kecamatan Lebakgedong yang terdampak bencana.

(Zaenal Arifin)