Penyerang Arsenal Alexandre Lacazette meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol larut ke gawang Crystal Palace demi memaksakan hasil imbang dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Senin (18/10/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Hannah McKay.

Jakarta, Aktual.com – Arsenal memenangkan Derby London Utara lawan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 di matchday ke-20 Liga Premier Inggris di Tottenham Hotspur Stadium pada Senin dini hari WIB.

Tim tamu unggul dua gol di babak pertama lewat gol bunuh diri Hugo Lloris dan Martin Odegaard.

Hasil ini membuat Arsenal kukuh di puncak klasemen dengan mengoleksi 47 poin, unggul delapan poin dari Manchester City di tempat kedua. Sementara itu, Tottenham harus tertahan di urutan kelima dengan 33 poin.

Arsenal juga unggul sembilan poin dari Newcastle United di peringkat ketiga setelah mereka menang 1-0 atas Fulham pada Minggu (15/1).

Arsenal mendapat peluang pertama pada menit ke-7. Bola sepakan Eddie Nketiah masih bisa dibendung oleh kiper Tottenham, Hugo Lloris.

The Gunners bisa membuka skor tujuh menit kemudian lewat gol bunuh diri Hugo Lloris. Bukayo Saka menembak bola dari sudut sempit yang salah bisa ditepis Lloris, tetapi tangkapannya tidak sempurna dan bola terus bergulir ke gawang Spurs. The Gunners memimpin 1-0.

Tottenham nyaris menyamakan kedudukan empat menit berselang. Bola tembakan Son Heung-min di kotak penalti digagalkan Aaron Ramsdale.

Arsenal mendapatkan kans emas pada menit ke-25 lewat sepakan jarak jauh Thomas Partey, tetapi bola masih membentur tiang gawang.

Tim tamu kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-36. Kali ini Martin Odegaard yang mencatatkan nama di papan skor. Gelandang asal Norwegia itu menerima bola dari Bukayako sebelum melepaskan tendangan voli ke sudut gawang. Skor 2-0 untuk tim tamu.

Arsenal terus menyerang di sisa babak pertama, tetapi tidak ada gol tambahan.

Spurs langsung bermain menyerang di awal babak kedua demi mengejar ketertinggalan. Mereka mengancam lewat tendangan Harry Kane pada menit ke-49, tetapi bola masih bisa ditepis Ramsdale.

The Lilywhites hampir saja menipiskan ketertinggalan, andai saja tendangan Ryan Sessegnon di kotak penalti tidak diblok Ramsdale.

Spurs memasukan Richarlison untuk menambah daya gedor serangan, tetapi belum bisa menembus pertahanan Arsenal hingga pertandingan selesai. Arsenal menang 2-0.

(Andy Abdul Hamid)