Washington, aktual.com – Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross mengatakan saat wawancara dengan Financial Times bahwa perundingan baru dengan Uni Eropa (EU) dapat menjadi alternatif untuk pemberlakuan tarif impor mobil pada November.

“Satu (opsi) akan berbunyi, ‘Saya tidak akan melakukan apa pun’, yang kedua akan memberlakukan tarif terhadap sejumlah atau semua (negara), yang ketiga mungkin ada beberapa bentuk perundingan lain,” kata Ross dalam wawancara yang dipublikasi Financial Times pada Rabu (23/10), menggambarkan opsi tersebut sedang dipertimbangkan oleh Presiden AS Donald Trump.

Dalam pembicaraan perdagangan dengan China, Ross mengatakan China dengan “itikad baik” sedang menindaklanjuti jaminan yang diberikan awal Oktober untuk melanjutkan pembelian besar produk pertanian AS.

Ketika lisensi umum pemerintahan Trump untuk perusahaan AS yang menjual ke Huawei Technologies kedaluwarsa pada November, Ross mengatakan kepada surat kabar itu bahwa ini bukan batas waktu yang sulit dan dapat diubah.

Ant.

(Zaenal Arifin)