Jakarta, Aktual.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan tiga Daerah Otonom Baru (DOB) yang berada di Papua akan ikut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ketiga DOB itu yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

“Itu otomatis nanti (ikut Pemilu 2024). Kan di undang-undangnya (dicantumkan), mereka pasti ikut lah,” ujar Tito, Senin (18/7) kemarin.

Lebih lanjut, Tito mengatakan, berbeda halnya dengan wilayah Papua Barat Daya yang masih diusulkan di parlemen. Menurut Tito, dirinya belum bisa memastikan terkait ikut tidaknya wilayah tersebut.

“Papua Barat Daya kan masih in progress, kalau anggaran cukup dieksekusi, kalau anggarannya enggak, di tahun yang lain,” katanya.

Seperti diketahui, DPR secara resmi mengesahkan tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi UU, terkait pemekaran wilayah di Provinsi Papua. Hal ini diputuskan dalam rapat Paripurna Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022, Kamis (30/6).

Sebelum pengesahan, Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung melaporkan ihwal pembahasan draf RUU terhadap pemekaran tiga provinsi itu.

“Pemekaran ditujukan untuk mempercepat pemerataan pembangunan, mempercepat peningkatan pelayanan publik. Mempercepat kesejahteraan dan mengangkat harkat martabat masyarakat,” kata Ahmad Doli.

 

(Arie Saputra)