Jakarta, Aktual.co — Pameran foto tiga dimensi dan tematik bertema “Sampit Tempo Dulu dan Sekarang” yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berjalan sukses.
“Sejak digelar 27 Oktober lalu hingga penutupan hari ini (8/11), jumlah pengunjung mencapai 2.700 orang. Kami bersyukur karena acara ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Bahkan meski sudah ditutup, masih banyak pengunjung yang datang,” kata Ketua PWI Kotim, Dhonny Harjo Saputro di Sampit, Sabtu (8/11).
Pameran foto merupakan agenda tahunan PWI Kotim. Tahun lalu pameran foto mengangkat tema budaya dan pariwisata juga disambut antusias masyarakat. Foto-foto yang dipamerkan tersebut kemudian dijadikan buku yang diberi judul “Membingkai Kotim dalam Balutan Budaya”.
Tahun ini, pameran foto kembali digelar dengan mengusung hal baru yaitu foto tiga dimensi, selain pameran foto lainnya yang mengangkat tema kondisi Sampit di masa dulu dan sekarang.
Foto tiga dimensi banyak menarik perhatian pengunjung. Mereka ramai-ramai berfoto dengan latar foto tiga dimensi yang menampilkan foto gajah, tarik tambang dan Bupati H Supian Hadi membawa Piala Adipura.
Pengunjung senang karena foto mereka dengan latar foto tiga dimensi tersebut terlihat hidup dan seolah-olah benar-benar nyata. Sedangkan foto-foto Sampit tempo dulu banyak memberi manfaat bagi generasi muda saat ini untuk mengetahui kondisi kota ini di masa lalu sehingga diharapkan bisa memberi kecintaan untuk menjaga daerah yang saat ini jauh lebih maju dibanding dulu.
Kegiatan tahunan PWI Kotim, yaitu pameran foto dan membuat buku ini merupakan yang pertama dilakukan oleh PWI di Kalteng. Ini sebagai bentuk kreativitas dan kebersamaan anggota PWI Kotim dalam menjalankan organisasi untuk turut berkontribusi kepada masyarakat serta pembangunan daerah.
Sebelumnya, PWI Kotim juga menggelar acara Kemah Jurnalistik selama dua hari di objek wisata Desa Ujung Pandaran. Acara ini untuk berbagi ilmu kepada utusan instansi pemerintah, swasta dan berbagai organisasi terkait jurnalistik dan praktik cara membuat berita.
Salah seorang wartawan senior di Kotim, HM Baderi, mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan pengurus dan anggota PWI Kotim. Dia berharap banyak kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya yang akan kembali dipersembahkan PWI Kotim.
“Ini adalah bentuk partisipasi kita terhadap pembangunan. Saya selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan anggota dan pengurus PWI dalam menjalankan organisasi ini,” ujar HM Baderi memberi semangat usai memimpin penutupan pameran foto.
Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Foto, H Arbit Safari berterima kasih atas kunjungan dan apresiasi masyarakat Kotim pada pameran tersebut. Dia juga meminta maaf jika koleksi foto yang ditampilkan belum begitu banyak.
“Pengunjungnya luar biasa banyak, mulai dari kalangan murid TK, pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum. Mudah-mudahan tahun depan PWI Kotim bisa kembali menggelar pameran ini dengan tema lainnya,” harap H Arbit.

()