Ilustrasi Ikan Gabus
Ilustrasi Ikan Gabus

Jakarta, Aktual.com – Salah satu nutrisi penting yang berperan besar dalam proses penyembuhan luka yang optimal adalah protein yang membantu pembentukan kapiler, proliferasi fibroblas, sintesis proteoglikan, sintesis kolagen, dan remodeling luka.

Meningkatkan asupan protein untuk mengoptimalkan penyembuhan dan fungsi kekebalan tubuh sangatlah penting, salah satunya dari asupan protein ikan gabus yang bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Ikan gabus atau yang dikenal dengan nama ilmiah channa striata memiliki kandungan yang baik bagi tubuh terutama dalam kondisi luka, seperti asam amino, asam lemak, asam arakidonat, asam lemak tak jenuh ganda, dan asam dokosaheksaenoat.

CEO Digdaya dr. Diaz, Sp.BA dalam siaran resmi, Jumat (28/10) mengungkapkan kandungan ikan gabus dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Pertama, ikan gabus kaya akan protein, asam amino, asam lemak, dan nutrisi penting lainnya untuk memastikan kebutuhan energi tercukupi selamat proses penyembuhan luka terjadi. Asam amino pada ikan gabus juga telah diuji klinis dan berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Contoh asam amino yang terkandung dalam ikan gabus adalah glisin, glutamin, dan arginin. Glisin adalah salah satu asam amino utama yang diperlukan untuk sintesis kolagen, protein utama dalam jaringan ikat di tubuh. Glutamin memainkan peran kunci dalam tahap peradangan dan tahap proliferasi penyembuhan luka, dan juga berfungsi sebagai bahan penting untuk memulihkan sel.

“Sedangkan arginin diketahui dapat merangsang penyembuhan luka dengan mengatur fungsi imun dan mempengaruhi fungsi endotel,” ujarnya.

Ikan ini juga bersifat antinosiseptif yang dapat mengurangi rasa nyeri. Antinosiseptif adalah kemampuan menurunkan sensitivitas terhadap rangsangan rasa sakit.

Channa striata telah teruji secara klinis menginduksi proliferasi sel, agregasi trombosit dan menunjukkan efek anti-nyeri sebanding dengan morfin dalam hal sifat anti-nyeri atau anti-nosiseptif.

Pasien pasca operasi atau ibu pasca melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar kerap dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung ikan gabus.

“Selain membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh, ikan gabus juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme ketika penyembuhan luka, meningkatkan kadar Albumin dan hemoglobin, menstabilkan kadar gula pada penderita diabetes melitus, membantu mengurangi resiko jantung koroner, baik untuk otot dan pencernaan, membantu meningkatkan kualitas ASI, serta manfaat lainnya,” katanya.

(Arie Saputra)