Menhub Budi Karya Sumadi/Net
Menhub Budi Karya Sumadi/Net

Jakarta, aktual.com  Pemerintah memastikan penundaan penerbangan ke Arab Saudi. Hal ini menyusul keputusan Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara semua penerbangan dari luar negeri, termasuk Indonesia.

Kebijakan tersebut juga berimbas kepada jemaah umrah, termasuk dari Indonesia, tidak bisa terbang ke Arab Saudi.

“Itu kan otoritas Saudi kan tidak menerima. Jadi jelas penerbangan tidak akan dilakukan lagi ke Saudi kecuali yang sudah terlanjur,” kata dia ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (27/2).

Budi menjelaskan, hari ini, jumat [28/2] dapat dipastikan tidak ada lagi penerbangan dari Indonesia menuju Arab Saudi.

Menurutnya pihak Arab Saudi sudah memperhitungkan dampak kebijakan yang diambil.

“Jadi saya jelaskan bahwa kalaupun ada suatu keputusan. Ini kan yang memutuskan bukan kita tetapi Arab Saudi dan itu sudah memperhitungkan hal-hal yang diambil risikonya. Oleh karenanya kita memahami dulu,” tambahnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya. Hal itu diungkapkan pihak Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Kamis waktu setempat.

Mengutip SPA, Kamis (27/2), keputusan penangguhan sementara sebagai upaya pemerintah Arab Saudi mencegah penyebaran virus corona. Penangguhan itu pun atas rekomendasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Penangguhan ini berlaku untuk semua negara termasuk Indonesia. [dtk]

(Eko Priyanto)