Jakarta, Aktual.com – Putera Sampoerna Foundation atau PSF peduli dengan kesuksesan pembelajaran jarak jauh di era pandemi seperti sekarang ini. Hal ini membuat PSF mengembangkan banyak sistem pembelajaran dan materi pembelajaran untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di era ini. 

Hasilnya memang cukup memuaskan, dimana hampir 100% guru binaan dari PSF merasakan manfaat yang besar dalam hal kesuksesan pembelajaran jarak jauh dengan materi dari PSF dalam program School Development Outreach atau SDO.

Kesuksesan materi pembelajaran SDO-PSF

Kesuksesan dari PSF dalam menghasilkan materi pembelajaran jarak jauh yang efektif dibuktikan dengan banyaknya guru yang merasa setuju dengan materi yang diberikan oleh SDO-PSF dalam pembelajaran daring yang dilakukan selama ini.

Kesuksesan materi pembelajaran SDO-PSF ini kemudian mendorong PSF untuk mengembangkan sebuah platform pembelajaran bagi guru yang bernama LenteraEdu. Bagi Anda yang penasaran dengan apa itu LenteraEdu dari PSF ini, berikut ini adalah ulasannya.

LenteraEdu dari PSF

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, LenteraEdu adalah salah satu produk dari PSF guna meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di Indonesia. LenteraEdu sendiri merupakan sebuah platform belajar guru yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran jarak jauh yang bisa disebut cukup rumit seperti saat ini.

Nama LenteraEdu sendiri merupakan singkatan dari Learn, Teach, Accelerate on Education. Platform pendidikan LenteraEdu merupakan platform pendidikan yang memiliki banyak kelebihan. Platform pendidikan ini tidak hanya memberikan pengajaran pada guru tapi juga belajar mengenai apa yang menjadi kesulitan para guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Dengan begitu, apa yang akan di berikan oleh LenteraEdu untuk mengedukasi guru sudah pasti sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Tujuan dari LenteraEdu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Tujuan utama dari Putera Sampoerna Foundation dalam menghadirkan LenteraEdu adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Hal inilah yang menyebabkan tujuan dari LenteraEdu ini antara lain :

  • Meningkatkan kualitas guru

LenteraEdu menyediakan kelas bagi par guru yang ingin belajar mengenai berbagai model pembelajaran yang aktif. Model pembelajaran ini nantinya bisa digunakan untuk belajar di kelas masing-masing.

  • Meningkatkan keterampilan belajar siswa

Selain belajar mengenai model kegiatan belajar, Anda juga akan diajak untuk belajar mengenai cara mengajak siswa untuk belajar dengan lebih mudah.

  • Meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh

Selain meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan siswa dalam belajar LenteraEdu juga bertujuan untuk memastikan waktu yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif. Ini adalah tujuan utama dari LenteraEdu di era pandemi seperti sekarang ini.

Kelebihan LenteraEdu

Sesungguhnya selain memiliki tujuan-tujuan di atas, kelebihan lain mengikuti pelatihan di LenteraEdu ini masih sangat banyak. Dari pihak fasilitator, LenteraEdu menawarkan fasilitator yang berkualitas sehingga akan memudahkan Anda untuk belajar mengenai materi dan juga teknik pembelajaran yang cocok.

Selain itu, teknik yang akan dijadikan solusi pembelajaran Anda akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Materi yang diberikan juga sangat mudah untuk dipelajari sehingga siapa pun Anda dan dari mana pun Anda bisa memahami pembelajaran yang di berikan dengan cepat dan mudah.

Pembelajaran secara terstruktur juga merupakan hadiah utama dari PSF pada guru di seluruh Indonesia. Oh ya, setelah Anda mengikuti kegiatan pelatihan di LenteraEdu ini Anda juga akan mendapatkan sertifikat sehingga lebih terbukti kualitas yang Anda miliki.

Kegiatan LenteraEdu

Salah satu kelebihan lain mengikuti pelatihan di LenteraEdu ini adalah mengenai banyaknya kegiatan yang bisa Anda ikuti. Mulai dari kegiatan belajar bersama dengan fasilitator, kegiatan live coaching, hingga webinar semuanya bisa Anda ikuti jika bergabung bersama dengan LenteraEdu dari PSF ini.

Selain itu, masih ada banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan LenteraEdu untuk mengingatkan kualitas Anda sebagai guru di era pandemi ini. Ingat di era pandemi ini semua orang belajar. Jadi jangan kecil hati dan perbaiki diri dengan belajar.

Nah demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai platform belajar online guru pertama yang ada di Indonesia yaitu LenteraEdu. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda dan makin mendukung Anda untuk yakin bergabung bersama LenteraEdu dari Putera Sampoerna Foundation.

(Andy Abdul Hamid)