Jakarta, aktual.com – Laga bola hampir mendekati akhir, dan akan mempertemukan tim juara bertahan Prancis melawan Argentina. Kedua tim ini sudah teruji menjadi skuat terbaik di dunia setelah melibas tim-tim terbaik di seluruh daratan bumi.

Seperti yang dikatakan pengamat sepakbola Kesit Budi Handoyo, “Les Bleus” Prancis sebagai juara bertahan punya keinginan mempertahankan prestasi terbaiknya. Sedangkan Argentina punya ambisi besar mewujudkan gelar juara menyusul tak lagi menuai sukses setelah Piala Dunia 1986.

Selain itu, tim Argentina punya “faktor (Lionel) Messi” dimana seluruh pemain bakal bahu-membahu mewujudkan kemenangan, yakni kemenangan paripurna sebelum Messi pensiun.

“Pertandingan final pasti seru dan berimbang. Kedua tim punya spesifikasi yang sama. Prancis dipastikan ingin mempertahankan gelar seperti yang pernah dilakukan Italia atau Brasil,” ungkap Kesit.

Dia mengatakan, sebagai juara bertahan Prancis tekanannya sudah mereda di babak final. Seandainya tidak juara, Kesit menambahkan Prancis telah mencatat sebagai tim juara bertahan yang bisa melaju ke babak final.

“Jadi, hampir tidak ada beban mental yang berarti di babak final,” imbuhnya.

Menyoal Argentina, dipastikan bermain maksimal mengingat ini laga terakhir Messi di Piala Dunia. Menurut Kesit, Messi sebagai ikon sepakbola Argentina yang mendunia ini ingin mengakhiri kiprah sepakbola dengan sebuah kemenangan di ajang Piala Dunia.

“Argentina pasti tampil ngotot karena belum pernah menang sejak 1986 dan ini pertandingan terakhirnya Messi. Seluruh pemain Argentina pasti berikan penampilan terbaiknya,” ungkap Kesit.

Ketika ditanya untuk pertandingan posisi 3-4, Kesit mengatakan masih seru. Kroasia sebagai tim dari daratan Eropa sempat drop saat melawan Argentina. Tetapi sebagai timnas yang sarat pengalaman di ajang Piala Dunia, Kroasia bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan.

Sedangkan Maroko yang sukses sebagai tim benua Afrika pertama yang menembus babak semifinal, peak performa dan mentalnya sudah dihabiskan saat mengalahkan Portugal.

“Maroko sudah habis saat mengalahkan Portugal. Mereka tak berdaya saat melawan Prancia. Tapi untuk melawan, semoga saja bisa tampil.maksimal,” kata Kesit.

Jika Anda salah satu penggemar yang tengah terjangkit ‘demam’ Pesta Bola tentu sangat menunggu babak final yang menjadi penentuan ini. Namun tentunya, diperlukan persiapan yang baik juga untuk menyambut ajang yang ditunggu- tunggu ini. Misalnya adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman selama Anda menonton Bola.

Bagi kebanyakan orang memang lebih menyenangkan menikmati minuman dingin sambil menonton pertandingan. Tapi ingat Anda juga tetap harus memperhatikan asupan air mineral bagi tubuh Anda.

“Menjaga kecukupan air mineral dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 30%. Oleh karenanya, Anda tetap harus menjaga asupannya walau sedang asik menonton bola” ujar dr. Nindyasari Laksmita Putri, BMedSci, dokter umum double degree Biomedical Science lulusan Melboune University.

Selain itu, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan selama menonton bola, yaitu dengan menjaga asupan mineral bagi tubuh.

“Selama Anda beraktifitas, mineral dalam tubuh Anda akan berkurang, apalagi ketika bergadang, tubuh akan mudah lelah. Oleh karenanya, asupan mineral tubuh harus tetap dijaga, agar tubuh selalu bugar. Dan selain rajin menyantap sayuran dan buah- buahan, cara paling sederhana adalah dengan banyak mengonsumsi air mineral dengan kandungan mineral yang berkualitas,” jelas dr. Nindyalagi.

Ketidak seimbangan mineral dalam tubuh, menyebabkan kelelahan letih lesu, konsentrasi dan energi menurun.

“Sama dengan makanan, bijaklah dalam pemilihan cairan yang akan masuk ke dalam tubuh. Pilihlah air mineral yang mengandung mineral seimbang. Kandungan mineralnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan imunitas, termasuk detoksifikasi dan pencernaan. Selain itu, air mineral yang mengandung mineral, akan memiliki rasa yang menyegarkan, sehingga membantu kita untuk banyak minum,” ucapnya lagi.

Faktanya, air yang mengandung mineral esensial sangat penting bagi tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Air mineral yang mengandung mineral esensial selain mudah diserap oleh tubuh juga mengandung zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh.

“Tidak semua air mineral sama. Le Minerale adalah air mineral dengan kandungan mineral essensial yang diambil dari sumber mata air terpilih dan melalui beratus ekplorasi, hingga air yang dijadikan pun memiliki kualitas kandungan mineral seimbang dan baik untuk tubuh,” jelas Yuna Eka Kristina, Head of Public Relations Le Minerale.

Selain itu Le Minerale juga dikemas dalam tiga lapis proteksi yang dapat menjaga kandungan mineral essensialnya tetap utuh sampai ke tangan konsumen. Tahun ini, untuk mendukung perhelatan Pesta Bola 2022, Le Minerale juga meluncurkan kemasan edisi terbatas Pesta Bola 2022.

“Kemasan terbatas ini kami luncurkan agar kebih dekat dengan para penggemar sepak bola dan sekaligus sebagai bagian dari kampanye Pilihan Sehat dalam menikmati rangkaian tayangan yang akan berlangsung di bulan November hingga Desember ini,” ungkap Yuna.

Yuna juga berharap rasa segar Le Minerale yang berasal dari kandungan mineral essensial alami dalam Le Minerale dapat membangkitkan kesegaran dan sekaligus menjaga kebugaran selama menyaksikan euforia skala dunia

(Rizky Zulkarnain)