Jakarta, Aktual.co —   Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro akan mencari cara agar dalam dua bulan pertama kementerian baru bisa berjalan.

“Yang belum itu Kemenko Maritim yang benar-benar baru, nanti kita cari cara supaya dalam dua bulan terakhir ini paling tidak operasionalnya bisa jalan dulu, hingga APBN P kita buat lebih fix,” ujar Bambang di kantornya di Jakarta, Selasa (28/10).

Meskipun belum mempunyai anggaran, Kemenko Kemaritiman menurut Bambang harus sudah mulai berjalan tanpa perlu menunggu pencairan dana pada 2015.

“Kan Senin sudah dilantik, jadi harus sudah mulai jalan. Nanti kita lihat dulu aturan untuk mengatur sumber dana kementerian yang baru dan yang dilebur,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa kementerian di pemerintahan Jokowi JK mengalami perubahan dan baru diadakan, salah satunya Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman. Selain itu, digabungkannya antara direktorat jenderal dengan kementerian, yaitu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

()

(Eka)