Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto dan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi saat berkunjung di GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/7). AKTUAL/STR-Eko S Hilman

Jakarta, Aktual.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan selalu menanamkan nilai-nilai serta semangat Sumpah Pemuda agar dapat membangun persatuan dan kedaulatan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan saat Sri Mulyani memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang Republik Indonesia ke-73 di Lapangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10).

“Jika pada 1928 Indonesia yang belum mendeklarasikan kemerdekaan sudah memiliki niat sangat luhur dari pemuda untuk berikrar, maka kita akan memiliki komitmen yang sama dalam membangun persatuan kedaulatan,” katanya.

Tak hanya itu, Sri Mulyani juga mengimbau agar Kemenkeu bisa terus mengemban amanah sebagai institusi penjaga keuangan negara sebab terbitnya mata uang rupiah juga menandai lahirnya institusi pengelola yakni Kementerian Keuangan.

“Terbitnya uang RI juga menandai institusi pengelola keuangan negara yaitu Kemenkeu sehingga kita harus terus mampu menggunakan keuangan negara dalam menggerakkan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Kementerian Keuangan juga harus mendukung terwujudnya visi Indonesia 2045 yaitu menjadi negara dengan pendapatan per kapita yang sudah mendekati 24 ribu dolar AS sehingga kesejahteraan dari berbagai aspek dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

(Abdul Hamid)