Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution - Target pertumbuhan Ekonomi 2016. (ilustrasi/aktual.com - foto/antara)

Jakarta, Aktual.com – Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution menyebut, untuk menyederhanakan perizinan yang selama ini memakan waktu lama dan saling tumpang tindih, pemerintah tak cukup cuma mengatasinya dengan menerbitkan paket kebijakan ekonomi.

“Artinya kita tahu bahwa kalau cuma utak-atik peraturan, sama dengan paket (kebijakan) kita, tak tertolong juga. Orang izinnya bisa ada 150. Dan membutuhkan waktu 3-5 tahun baru selesai,” ungkap Darmin di Jakarta, ditulis Jumat (1/9).

Sepertinya Darmin juga melupakan diri, padahal selama ini pemerintah sudah banyak menerbitkan paket kebijakan ekonomi untuk menyederhanakan perizinan, tapi nyatanya perizinan masih juga lama.

Makanya saat ini pemerintah berpikir beda tak lagi menerbitkan paket kebijakan tapi menerbitkan Perpres soal penyederhanaan perizinan yang junlahnya hampir 150 izin.

“Kita harus ubah mulai dari dasar berpikir, bahwa pemberi ijin bukan penguasa. tp dia yang harus melayani dan mereka harus mengawalnya,” kata dia.

Makanya di Perpres ini dibentuk satuan tugas (satgas) yaitu satgas leading sektor untuk sektor yang ada sektor berusaha di bawahnya. Seperti sektor ESDM, Perindustrian, Pertanian, dan sebagainya.

(Andy AbdulHamid)
1
2