Banda Aceh, Aktual.co — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno menyebutkan total imigran asal Bangladesh di Indonesia saat ini sebanyak 11.900 orang. Jumlah itu tersebar di sejumlah titik di Indonesia. Khusus untuk Aceh, jumlah imigran asal Bangladesh sebanyak 700 orang.
“Semua imigran asal Bangladesh akan dipulangkan secara bertahap,” ujar Menko Polhukam setelah mengikuti rapat koordinasi penanganan pengungsi rohingnya di Kompleks PT Arun NGL, Minggu (7/6).
Selain itu, Menko Polhukam juga menyebutkan, Indonesia bersama Malaysia, Thailand dan Singapora serta sejumlah negara lain sudah mengimbau kepada Pemerintah Myanmar tidak mengusir warganya.
“Kita tidak seperti negara lain yang tidak menerima mereka. Tapi kita tetap perhatikan juga supaya tidak timbul gejolak dengan warga lokal setelah mereka ditampung di sini,” katanya.
Dia menyebutkan persoalan imigran telah dibahas secara komprehensif dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Kunjungan Tedjo ke Aceh juga menyertakan sejumlah staf kementerian lain. 
“Persoalan sebelumnya sudah kita bahas dengan sejumlah menteri, jadi hari ini saya hanya datang sendiri, tapi menteri lain mengirim utusannya,” pungkasnya.

(Nebby)