Jakarta, Aktual.co — Menteri Kordinator Bidang Sosial dan Pendidikan Republik Demokratik Timor Leste, Fernando LaSama de Araujo tutup usia. Mantan ketua parlemen Timur Leste ini, meninggal karena sakit stroke yang dideritanya tadi pagi.
Fernando Lasama lahir di Manutasi, Ainaro, 26 Februari 1963. Mantan Presiden Partai Demokrat (PD) ini, diketahui sempat menjabat Wakil Perdana Menteri Timor Leste sejak 8 Agustus 2012.
Fernando merupakan salah satu pemimpin dari generasi muda yang memegang Parlamento Nacional.  Pada tahun 2001, ia bersama rekannya di RENETIL seperti Mariano Sabino Lopes mendirikan Partido Democrático.
Pria 52 tahun ini yang berasal dari keluarga petani ini, sempat menjadi mahasiswa di Universitas Udayana Bali Indonesia pada tahun 1985 – 1989. Meski demikian, ia tak mampu menyelesaikan lantaran terlibat dalam gerakan bawah tanah (clandestino) melawan pendudukan militer Indonesia di Timor-Leste. Setelah Timor-Leste melepaskan diri dari Indonesia melalui referendum, Ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Melbourne, Australia pada tahun 1999 sampai 2001.

(Nebby)