TAHANAN RUTAN PEKANBARU KEMBALI KABUR

Jakarta, Aktual.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly menyebutkan terjadi peningkatan yang sangat tajam terkait jumlah tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan).

“Angkanya sangat cepat ada kecepatan yang sangat tajam belakangan ini saya lihat. Jadi kalau 2 ribu per bulan masuk ke Lapas dan Rutan berarti per tahun 24 ribu,” kata Yasonna di gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (19/4).

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi pembicara kunci dalam “Seminar Nasional Pembimbing Kemasyarakatan dan Pidana Alternatif” Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO).

“Kemarin disampaikan Plt Dirjen Pemasyarakatan waktu kami bincang-bincang informal tiap bulan bertambah 2 ribu. Jadi, ini pada umumnya adalah (kasus) narkoba, jadi angka yang harus masuk ke Rutan dan Lapas kita itu bisa rata-rata 2 ribu pe rbulan,” ucap Yasonna.

Lebih lanjut, Yasonna menyatakan berdasarkan sistem data base Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menunjukan jumlah narapidana dan tahanan yang menghuni Lapas maupun Rutan saat ini sebanyak 246.389 orang.