Malam penganugerahan Sustainable Business Awards (SBA) 2019 Indonesia. AKTUAL/IST

Jakarta, Aktual.com – Malam penganugerahan Sustainable Business Awards (SBA) 2019 Indonesia, telah digelar. Lebih dari 50 perusahaan mendaftarkan diri dan bersaing memenangkan penghargaan setidaknya di 12 kategori yang ada.

Perusahaan pemenang dalam ajang tersebut diumumkan di hadapan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Bambang Brodjenegoro.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Suharso Monoarfa, mengatakan kunci sukses perusahaan dalam berbisnis didukung sejumlah aspek. Salah satunya inovasi.

“Inovasi, Keberlanjutan, Komunikasi Pemegang Saham, Perbedaan dan Transparansi menjadi kunci suksesnya sebuah perusahaan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/2) malam.

Pada SBA tahun ini, industri di sektor energi menunjukan inisiatif perusahaan yang kuat di bidang Komunitas dan Strategi & Manajemen Keberlanjutan.

Namun, ada ruang besar untuk perbaikan di bidang manajemen lingkungan – seperti Perubahan Iklim, Penggunaan Lahan & Keanekaragaman Hayati, Manajemen Energi, Manajemen Air, dan Produktivitas Limbah & Material.

Tahun ini, Dewan Penasihat Nasional (National Advisory Panel) tidak memberikan penghargaan kepada perusahaan manapun atas upaya Perubahan Iklim.

“Dalam Penghargaan tahun ini, sayangnya kami tidak memiliki pemenang pada kategori perubahan iklim. Ini bukan karena tidak ada bisnis yang menangani masalah ini. Ya, kami memiliki banyak perusahaan dengan inisiatif besar untuk menyelesaikan masalah perubahan iklim, tetapi kami membutuhkan lebih banyak, ujar Presiden IBCSD Shinta Kamdani dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/2).

“Semua bisnis – terutama yang sampai saat ini diam tentang ancaman tantangan lingkungan dan sosial – perlu meningkatkan ambisi dan tindakan untuk mengatasi masalah, untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” lanjut Shinta.

Delapan tahun berjalan, SBA Indonesia dikelola oleh Global Initiatives, bersama dengan mitra lokal PwC Indonesia, Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), Control Union dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Global Initiatives juga telah merilis SBA Indonesia Insights Report pertama, yang menguraikan praktik terbaik dan tren praktik bisnis berkelanjutan di Indonesia.

“Hasil analisis dan konten laporan ini sangat menarik, namun juga menyoroti perlunya tindakan yang lebih berani oleh sektor Bisnis. Perusahaan-perusahaan yang hadir malam ini, terutama perusahaan nasional, telah membantu menciptakan ekosistem yang akan mendorong perusahaan Indonesia lainnya untuk bekerja menuju praktik bisnis yang lebih berkelanjutan – untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan di Indonesia,” jelas Chief Operations Officer, Inisiatif Global Shefali Chaddha. (Fadlan Butho)

(Tino Oktaviano)