Jakarta, aktual.com – Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol akhir pekan nanti akan menjadi pemberhentian terakhir balapan MotoGP musim 2019.

Menuju balapan seri ke-19 itu, Marc Marquez (Repsol Honda) telah jauh-jauh hari mengunci gelar juara dunia ke-6 di kelas premier dan membawa Honda mengunci gelar konstruktor musim ini.

Meski demikian, masih akan ada pertarungan di sirkuit mungil sepanjang 4km di pinggir Laut Mediterania itu karena GP Valencia akan menjadi kesempatan pamungkas Marquez untuk mengawinkan Tiga Mahkota bagi Honda ketika Repsol Honda tertinggal hanya dua poin dari Ducati Team di klasemen tim.

Andrea Dovizioso (Ducati), yang menjadi juara di Valencia tahun lalu, dan rekan satu timnya, Danilo Petrucci, tentunya tak akan membiarkan gelar tim terbaik itu direbut oleh sang tim rival.

Akan menjadi tugas berat bagi Marquez nampaknya di saat Jorge Lorenzo masih berkutat dengan cedera dan proses adaptasi dengan Honda.

Tak hanya itu, ketika Honda dan Ducati menjalani pertarungan final mereka, Yamaha ingin menjaga momentum hasil positif mereka setelah Maverick Vinales membawa pulang trofi juara di Sepang, sedangkan Valentino Rossi juga menikmati pertarungan dengan Dovizioso untuk podium dua pekan lalu. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)