Jakarta, Aktual.co — Setelah sesi pemotretan di Istana Negara, Menteri PDT Marwan Djafar bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memilih beristirahat di sisi kiri Istana Merdeka. Keduanya pun duduk bersama wartawan, sambil beristirahat mereka menghisap rokok.
Menteri Marwan setelah merokok lalu meninggalkan lokasi dan berjalan ke arah istana, sementara Menteri Hanif masih menghisap rokoknya.
Tiba-tiba seorang anggota Paspampres dengan mengenakan seragam TNI AL mendekati Menteri Hanif. Ternyata anggota Pasmpampres itu melarang Menteri Hanif merokok di area Istana Negara.
“Pak, mohon maaf, di sini dilarang merokok,” kata anggota Paspampres itu.
Hanif tampak kaget saat ditegur. Dia kemudian segera mematikan rokoknya. Sejumlah wartawan juga kemudian mencandai Paspampres yang menegur Hanif.
“Wah, ini menteri lho,” kata salah seorang wartawan memberi tahu paspampres itu.
Mendengar hal itu, paspampres itu agak gelisah. “Maaf ya Pak,” kata paspampres itu agak menunduk. 
“Nggak apa-apa, nggak apa-apa,” kata menteri.

Peristiwa ini terjadi kira-kira pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (27/10/2014). Menteri Marwan datang lebih dulu ke trotoar di sisi kiri Istana Merdeka. Sekitar 10 menit kemudian, Menteri Hanif menyusul merokok bersama Menteri Marwan.
Keduanya merokok ditemani wawancara oleh sejumlah pekerja media. 

()