Jakarta, Aktual.com – Tim nasional Senegal memastikan diri melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 seusai menyingkirkan Mesir pada leg kedua playoff babak ketiga kualifikasi di Stadion Leopold Sedar Senghor, Dakar, Selasa (29/3) malam waktu setempat (Rabu dini hari WIB).

Senegal menyingkirkan Mesir melalui adu penalti dengan skor 3-1 setelah selama 120 menit bermain imbang 1-1 secara agregat, demikian catatan resmi CAF.

Sempat kalah di Kairo dengan skor 0-1 karena gol bunuh diri Saliou Ciss, Senegal menyamakan kedudukan di Dakar berkat gol bunuh diri yang dicetak oleh gelandang Mesir Hamdi Fathi.

Keberhasilan Senegal untuk melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar itu merupakan yang ketiga kalinya sepanjang sejarah setelah sebelumnya sempat tampil pada edisi 2002 di Korea Selatan-Jepang dan 2018 di Rusia.

Pada pertandingan tadi, Senegal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu mencetak gol pada menit ke-4 yang berawal dari tendangan bebas Idrissa Gueye.

Tendangan dari Gueye tersebut tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh gelandang Hamdi Fathi sehingga membuat bola masuk ke gawang Mesir dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Senegal.

Setelah gol itu tercipta, kedua tim tidak mampu mencetak gol lagi sampai waktu normal dan waktu tambahan usai sehingga dilanjutkan ke babak adu penalti karena agregat sama kuat 1-1.

Pada babak adu penalti, tiga penendang Senegal Ismaila Sarr, Bamba Dieng dan Sadio Mane mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, sedangkan Mesir hanya mampu menyelesaikan satu tendangan melalaui Amr El Solia.

Hasil itu membuat Senagal mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022, mengikuti Ghana yang berhasil menyingkirkan Nigeria dengan agregat 1-1 namun unggul gol tandang.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)