Son Heung-min

Jakarta, Aktual.com – Nama Son Heung-min tetap masuk dalam daftar pemain anggota skuad Korea Selatan untuk Piala Dunia Qatar 2022, Sabtu, tetapi kesiapannya untuk bisa bermain masih tanda tanya setelah mengalami cedera wajah yang serius.

Kapten dan andalan Korea Selatan itu mengalami patah tulang di sekitar mata kirinya saat pertandingan Liga Champions untuk Tottenham melawan Olympique de Marseille dan kemudian menjalani operasi pekan lalu.

“Kami terus melakukan kontak dengan dia dan departemen medis Tottenham,” kata pelatih Korea Selatan asal Portugal Paulo Bento saat menyebutkan nama-nama timnya untuk ke Qatar.

“Soal kapan tepatnya dia bisa berlatih dengan tim, kami tidak memiliki informasi itu,” katanya seperti dikutip AFP.

“Kami harus menunggu, kami perlu menganalisis situasinya hari demi hari. Kami punya waktu untuk memutuskan. Yang terpenting (soal itu), dia pulih sebaik mungkin, dia merasa nyaman dan kemudian kami akan mengambil keputusan akhir.”

Bento menunjuk pemain ke-27, penyerang Oh Hyeon-gyu, yang akan berlatih bersama tim di Qatar dan bisa menggantikan Son jika dia tidak berhasil pulih.

Pertandingan pembukaan Korea Selatan adalah melawan Uruguay pada 24 November.

Son, yang telah mencetak 35 gol dalam 106 penampilan internasional, menulis di media sosial minggu ini bahwa “Saya tidak sabar untuk mewakili negara kita yang indah, sampai jumpa lagi”.

Korea Selatan juga akan melawan Ghana dan Portugal di Grup H.

Tim Korea Selatan yang kehilangan Son dan pemain berbasis Eropa lainnya mengalahkan Islandia 1-0 dalam pertandingan persahabatan kandang pada hari Jumat.

Susunan skad Korea Selatan untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Kim Seung-gyu (Al-Shabab/Arab Saudi), Song Bum-keun (Jeonbuk Motors), Jo Hyeon-woo (Ulsan)

Belakang: Kwon Kyung-won (Gamba Osaka/Jepang), Kim Moon-hwan (Jeonbuk Motors), Kim Min-jae (Napoli/Italia) Kim Young-gwon (Ulsan), Kim Jin-su (Jeonbuk Motors), Kim Tae-hwan (Ulsan), Yoon Jong-gyu (FC Seoul), Cho Yu-min (Daejeon Hana Citizen), Hong Chul (Daegu FC)

Tengah: Kwon Chang-hoon (Gimcheon Sangmu), Na Sang-ho (FC Seoul), Paik Seung-ho (Jeonbuk Motors), Lee Kang-in (Real Mallorca/Spanyol), Lee Jae-sung (Mainz/Jerman), Jeong Woo-yeong (Freiburg/Jerman), Hwang In-beom (Olympiakos/Yunani), Hwang Hee-chan (Wolverhampton Wanderers/Inggris), Song Min-kyu (Jeonbuk Motors), Son Jun-ho (Shandong Taishan/China), Na Sang-ho (FC Seoul)

Depan: Son Heung-min (Tottenham Hotspur/Inggris), Cho Gue-sung (Jeonbuk Motors), Hwang Ui-jo (Olympiakos/Yunani)

(Arie Saputra)