Pemain Timnas Argentina, Leonel Messi saat meraykan kemenangan final Fifa Word Cup Qatar 2022 (18/12) malam.

Jakarta, Aktual.com – FIFA mengumumkan finalis Pemain Terbaik Pria, dengan Lionel Messi, Erling Haaland, dan Kylian Mbappe meraih tempat di daftar prestisius ini.

Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang paling menonjol dalam pertandingan putra dari periode 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023.

Dalam rilis resminya pada Kamis (14/12), FIFA juga mencantumkan finalis Pemain Terbaik Wanita, yang melibatkan Aitana Bonmati (Spanyol/Barcelona), Linda Caicedo (Kolombia/Real Madrid), dan Jennifer Hermoso (Spanyol/Pachuca Femenil).

Kriteria penilaian untuk kategori wanita mencakup pencapaian pesepakbola wanita antara 1 Agustus 2022 hingga 20 Agustus 2023.

Selain itu, FIFA juga mengungkapkan finalis penghargaan Puskas untuk gol terbaik.

Tiga pemain yang bersaing memperebutkan penghargaan ini adalah Julio Ensico (Paraguay/Brighton), Guilherme Madruga (Brasil/Botafogo), dan Nuno Santos (Portugal/Sporting).

“Gol Julio Enciso merupakan tendangan kaki kanan dari jarak 25 yard. Guilherme Madruga mengeksekusi tendangan salto yang luar biasa dari luar kotak penalti, sementara Nuno Santos membuat tiga gol terakhir berkat rabona [menyilangkan kedua kaki] kaki kirinya yang berani,” demikian bunyi rilis FIFA.

Penghargaan Puskas diberikan kepada pemain yang mencetak gol terbaik dalam periode 1 Agustus 2022 hingga 20 Agustus 2023, dan penilaian kali ini memunculkan gol-gol spektakuler dari tiga finalis yang berkompetisi untuk memenangkan pengakuan atas prestasi luar biasa dalam mencetak gol.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Firgi Erliansyah
Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan