Jakarta, Aktual.com – Peraih tujuh trofi bola emas Lionel Messi harus membayar harga yang tinggi menyusul jebloknya penampilan di musim pertama bersama Paris Saint-Germain sehingga ia tak masuk 30 besar nominasi Ballon d’Or tahun ini.

Messi, yang meraih titel paling prestisius di sepak bola itu tahun lalu, menjadi langganan masuk nominasi sejak 2006 dan peringkat tiga besar sejak 2007, kecuali pada 2018.

Akan tetapi, Messi (35), akan melewatkan penghargaan tahun ini menyusul perpindahannya dari Barcelona ke ibukota Prancis.

Sang pemain Argentina juga mendapati perubahan format Ballon d’Or yang tak lagi memilih pemain terbaik dunia dalam satu kalender tahun.

Sebagai gantinya, penghargaan tersebut berdasarkan performa individu dan karakteristik yang “menentukan dan mengesankan” yang menjadi sorotan dalam satu musim dari nama-nama yang masuk nominasi.

Setelah meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021, Messi gagal menerapkan kejeniusannya di lapangan bersama tim PSG yang sangat menginginkan titel Liga Champions.

Juara Liga Prancis itu tersingkir di babak 16 besar di tangan Real Madrid yang menjadi juara pada akhirnya.

Secara keseluruhan, Messi mencetak hanya 11 gol untuk PSG dan penampilannya gagal mengesankan majalah France Football selaku penyelenggara Ballon d’Or yang akan dianugerahkan di Paris pada 17 Oktober.

Sementara itu, striker Prancis Karim Benzema menjadi salah satu favorit penerima penghargaan tersebut setelah menjadi motor Real Madrid memenangi titel Liga Champions ke-14.

Dia menyelesaikan kampanyenya di kompetisi Eropa dengan mengemas 15 gol.

Benzema kemungkinan menjadi pemain Prancis kelima yang meraih trofi setelah Raymond Kopa (1958), Michel Platini (1983, 1984, 1985), Jean-Pierre Papin (1991) dan Zinedine Zidane (1998).

Pada musim 2021/2022, Benzema mencetak 44 gol dalam 46 penampilannya bersama Real Madrid yang juga memenangi liga domestik.

Gol yang ia buat pada Rabu saat kemenangan 2-0 melawan Eintracht Frankfurt di Piala Super Eropa membuat pemain 34 tahun itu mengoleksi 324 gol untuk tim raksasa Spanyol itu.

Capaian itu menggeser Raul ke peringkat tiga pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub itu, sementara rekor masih dipegang Cristiano Ronaldo dengan 450 gol.

“Dia mengantre untuk Ballon d’Or. Ada yang ragu? Bagi saya, tidak,” kata pelatih Real Carlo Ancelotti seperti dikutip AFP.

Ronaldo, peraih lima Ballon d’Or, masuk nominasi lagi tahun ini.

Benzema berada dalam daftar 30 nominasi yang antara lain diisi juga oleh rekan-rekan satu timnya, yaitu Thibaut Courtois, Casemiro, juara 2018 Luca Modric, Vinicius dan mantan pemain Chelsea Antonio Rudiger.

Liverpool, yang kehilangan trofi Liga Champions, mendapati tujuh pemainnya dinominasikan, atau paling banyak di antara klub-klub lainnya.

Mereka adalah Trent Alexander-Arnold, Luis Diaz, Fabinho, Sadio Mane, sejak ditransfer ke Bayern Munich, Darwin Nunez, Mohamed Salah dan Virgil Van Dijk.

Sementara itu, Lucy Bronze, yang menjadi runner-up 2019, adalah satu dari tiga anggota timnas Inggris yang dinominasikan untuk kategori putri.

Terdapat 20 pesepak bola putri yang menjadi nominasi Ballon d’Or antara lain Millie Bright dan striker Arsenal Beth Mead, yang memenangi sepatu emas di Euro putri.

Prancis mengirimkan empat ke nominasi yaitu Selma Bacha, Kadidiatou Diani, Marie-Antoinette Katoto dan Wendie Renard.

Juara bertahan Alexia Putellas, yang absen di Euro karena cedera, dan bintang Norwegia Ada Hegerberg, juara 2018, juga masuk ke nominasi tahun ini.

(Antara)

(Dede Eka Nurdiansyah)