Luis Milla
Luis Milla

Bekasi, Aktual.com – Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Luis Milla mengatakan, gol pertama Indonesia yang menjadi menyamakan kedudukan dalam pertandingan kontra Hong Kong, memotivasi pemainnya mencetak gol-gol lain dan memenangkan pertandingan.

Hal ini diungkapkan Milla dalam jumpa pers pertandingan sepak bola putra Asian Games 2018 Grup A antara Indonesia melawan Hongkong di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/8) malam.

“Ketika kami bisa mencetak gol penyeimbang di babak kedua, pemain jadi lebih bersemangat,” ujar Milla.

Pelatih asal Spanyol itu melanjutkan, gol yang dicetak Irfan Jaya di menit ke-46 yang membuat skor menjadi 1-1 itu membuat anak-anak asuhnya menjadi lebih percaya diri dan bermain semakin baik.

Para pemain Garuda Muda, julukan timnas U-23, pun mampu menguasai pertandingan. Gerakan-gerakan cepat dan terstruktur pemain Indonesia membuat skuat Hong Kong kelelahan yang berujung pada terbukanya pertahanan mereka.

Ketika itulah dua gol tambahan Indonesia datang dari kaki Stefano Lilipaly di menit ke-85 dan Hanif Sjahbandi di menit ke 90+4 yang membuat Indonesia memenangkan laga dengan skor akhir 3-1.

“Sejatinya Hong Kong bermain bagus di babak pertama. Strategi mereka sangat baik dan mencoba menutup pergerakan sayap kami. Meski demikian, gol mereka di babak pertama sebenarnya bisa dihindari. Akan tetapi, semua berubah di paruh kedua,” kata Milla.

Tidak lupa, Luis Milla juga mengucapkan terima kasih kepada para suporter Indonesia khususnya yang datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan. Suporter, tutur Milla, memberikan kekuatan dan energi tambahan bagi skuatnya untuk bangkit dari ketinggalan.

“Terima kasih kepada suporter yang tidak meninggalkan kami di masa sulit,” ujar pria yang semasa aktif sebagai pesepak bola pernah bermain untuk Barcelona dan Real Madrid itu.

Tim nasional U-23 Indonesia berhasil menaklukkan timnas U-23 Hong Kong dengan skor 3-1 di laga terakhir Grup A sepak bola putra Asian Games XVIII 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia tertinggal terlebih dahulu setelah bek timnas U-23 Hong Kong Lau Hok Ming menorehkan gol di menit ke-39. Garuda Muda baru bisa membalikkan kedudukan di babak kedua melalui gol Irfan Jaya (menit ke-46), Stefano Lilipaly (85′) dan Hanif Sjahbandi (90+4′).

Kemenangan atas Hong Kong membuat Indonesia berhasil menjadi juara Grup A dan berhak melaju ke babak 16 besar Asian Games 2018. Di perdelapanfinal, Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab, Jumat (24/8) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, mulai pukul 16.00 WIB.

(Teuku Wildan)