Jakarta, Aktual.com – Hari Santri merupakan momentum perjuangan santri dan bukti nyata kontribusi santri bagi Indonesia. Demikian disampaikan Kapolresta Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Sigit Dany S saat Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober kemarin.

Selain itu menurutnya, bahwa santri adalah kekuatan besar bangsa yang tak lekang oleh zaman, terus bertransformasi menjawab berbagai tantangan.

“Generasi muda mengalami tantangan yang sangat berat di era digital dan turbulensi sosial hari ini. Degradasi moral menjadi musuh bersama dan utama yang harus dihadapi dengan cerdas dan kolaboratif,” katanya ditulis Ahad (23/10).

Bahkan lanjut Sigit, tantangan global di era digital, menuntut santri untuk menguasai dunia digital termasuk media sosial sebagai medan perjuangan dalam pengembangan ilmu dan amal. Tak lepas misi memoderasi islam di Indonesia agar Islam terus menjadi pemersatu bangsa dengan prinsip wasathiyah dan Rahmatan lil ‘Alamin.

“Santri dapat menjadi ujung tombak perubahan sosial di tengah masyarakat. Diharapkan santri dapat menjadi inisiator penguatan moral dan mentalitas generasi muda dengan pendekatannya yang santun, supel dan up to date,” ucapnya.

“Semoga santri semakin maju, berkualitas, menjaga martabat kemanusiaan,” tutupnya.

(Andy Abdul Hamid)